Tuesday, 25 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Isi Masa Remaja dengan Kreatifitas dan Pengalaman Bermanfaat


Temu Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) kembali digelar. Bertempat di Taman Wisata Sumber Ubalan, kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri pada Rabu (1/11) tersebut berlangsung meriah. Sejak pagi, ratusan pelajar didampingi pembina PIK Remaja mulai berdatangan. Keceriaan terlihat dari para remaja itu, mereka pun bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala DP2KBP3A, serta jajaran Muspika Plosklaten.

pik 6

“Tahun 2020 Jawa Timur akan memasuki masa bonus demografi, dimana usia produktif lebih banyak daripada usia non produktif. Hal ini memberikan keuntungan apabila sumber daya manusianya berkualitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM tersebut adalah dengan pengendalian penduduk,” kata Ir. Koessetyanti mengawali sambutannya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kediri ini pun menjelaskan bahwa remaja merupakan salah satu komponen SDM yang sangat potensial karena jumlahnya paling banyak. Namun di sisi lain pengaruh negatif era globalisasi juga menjadi tantangan bagi para remaja, dampak tersebut adalah free sex dan narkoba yang mengakibatkan perkawinan dini.

pik 4

“Melalui Temu PIK Remaja, saya mengajak seluruh remaja untuk mengisi masa remajanya dengan kreatifitas dan pengalaman yang bermanfaat untuk masa depan. Jauhi narkoba dan jadilah remaja berencana yang mampu melawan pengaruh negatif untuk kehidupan yang sejahtera,” tegasnya.

Setelah memukul gong sebagai tanda dibukanya Temu PIK Remaja, Ir. Koessetyanti kemudian menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, dengan didampingi Kepala DP2KBP3A. Lomba-lomba tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 17-23 Oktober 2017 sebagai rangkaian kegiatan Temu PIK Remaja, diantaranya lomba profil PIK R, lomba Duta Genre, lomba lukis tong sampah, lomba vokal grup, lomba poster, lomba jingle, lomba pidato dan lomba life skill.

pik 3

Selanjutnya, ratusan pelajar yang hadir pada acara itu diajak mengikuti outbound. Mereka dibagi dalam 26 kelompok yang terdiri dari gabungan pelajar lintas sekolah, baik tingkat SMP maupun SMA. Meski sebagian besar baru bertemu hari itu, namun kebersamaan dan keakraban cepat terjalin di antara mereka.

Terdapat 10 permainan yang harus mereka ikuti, yaitu holahop, pipa bocor, transfer water, soccer, ring tower, water torn, ranjau darat, pesan bisik bersambung, roda tank dan estafet stick. Dengan kerjasama dan kekompakan, para peserta berusaha menyelesaikan seluruh permainan. Teriakan dan sorak sorai terdengar begitu mereka berhasil menjadi yang tercepat. Segarnya udara Taman Wisata Ubalan turut menambah semangat mereka bersaing untuk menjadi pemenang.

pik 2

Seluruh peserta terlihat antusias dan senang. Selain kebersamaan, ada hal-hal yang mereka pelajari dan dapatkan melalui permainan outbound, yaitu kreativitas, konsentrasi, ketangkasan, kesabaran dan saling percaya. Di akhir acara, dilakukan penyerahan hadiah hiburan kepada pemenang outbound. (Kominfo/tee, yrpd, tj, wk)

Daftar Pemenang Lomba

Lomba Profil PIK R

Juara 1: PIK R Sahabat Sejati (SMAN 2 Pare)

Juara 2: PIK R Jawara (SMAN 1 Wates)

Juara 3: PIK R Korelasi (SMAN 1 Pare)

Lomba Duta Genre Putri

Juara 1: Yusi Afidah Oktavia (SMAN 1 Wates)

Juara 2: Puspa Rista Nurhapsari (Akper Pamenang Pare)

Juara 3: Silvi Nuryana (MA Ma’arif Kepung)

Lomba Duta Genre Putra

Juara 1: Devan Agmu Ahmad (SMAN 2 Pare)

Juara 2: M. Arro Audino (SMAN 1 Wates)

Juara 3: Kharisma Utama SG (Akper Pamenang Pare)

Lomba Lukis Tong Sampah

Juara 1: Yudith Caesario (SMAN 1 Papar)

Juara 2: Misbakh Aji B (MAN 5 Kediri)

Juara 3: Arya Prasetio (SMAN 1 Pare)

Lomba Vocal Group

Juara 1: SMAN 1 Wates

Juara 2: SMAN 1 Gurah

Juara 3: SMK Canda Birawa Pare

Lomba Poster

Juara 1: Kristina AK (SMPN 2 Pare)

Juara 2: Nur Fadilah (SMPN 1 Badas)

Juara 3: Farid Budi A (SMPN 1 Plosoklaten)

Lomba Jingle

Juara 1: SMP 2 Pare

Juara 2: MTs Kanigoro

Juara 3: SMPN 1 Kras

Lomba Pidato

Juara 1: M. Bhirthand AF (MTsN 1 Kandat)

Juara 2: Mei Nanda Sari (SMPN 1 Plemahan)

Juara 3: Gilang Faqih (SMPN 1 Kunjang)

Lomba Life Skill

Juara 1: SMPN 4 Pare

Juara 2: SMPN 2 Grogol

Juara 3: SMPN 1 Badas

Comments   

 
0 #1 Daigo 2018-01-10 19:52
Min mau tanya, lomba profil PIK Remaja tingkat provinsi kapan ya?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

banner