Saturday, 20 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pelatihan membuat Produk Olahan Berbahan Baku Labu Madu

Tanaman labu madu saat ini menjadi salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Di Kabupaten Kediri daerah yang menjadi sentra tanaman tersebut adalah Kecatamatan Ngasem tepatnya desa Nambaan dan Toyoresmi.

Rumah Labu 1Banyaknya tanaman tanaman labu madu tersebut dimanfaatkan oleh Ratih dari Dusun Sobo desa Nambaan untuk membuka usaha Rumah Labu Madu. ditempat ini terdapat berbagai macam jenis bentuk olahan berbahan dasar labu mau, seperti stik labu madu, brownis labu, cake labu, puding labu dan juga minuman segar dari labu.

Selain menjadi pusat olahan labu madu tempat ini juga menjadi pelatihan bagi semua kalangan, baik pelajar, ibu-ibu PKK dan lain sebagainya. kebetulan saat Dinas Kominfo Kab. Kediri berkunjung terdapat pelajar dari salah satu SMK swasta Kota Kediri melaksanakan kegiatan di Rumah Labu dusun Sobo Desa Nambaan Kec. Ngasem.

Rumah Labu 2Sekitar 30 pelajar mengikuti kegitan ini mulai dari mengunjungi kebun labu madu yang dikelola oleh Ratih bersama keluarganya. setelah puas melihat labu madu yang banyak dan tumbuh subur mereka diajak ke Rumah Labu Madu untuk mengikuti pelatihan olahan labu madu (31/10)

Ratih mengatakan Rumah Madu ini berdiri baru sikitar 1 bulan yang lalu bertepatan dengan festival kelud 2017. Saat itu saya membawa produk olahan labu madu pada acara pameran produk UMKM disana. tak disangka banyak sekali yang menyukai produk olahan tersebut.

Rumah Labu 3Dari situlah muncul ide untuk membuka Rumah Madu dengan berbagai macam olahannya. Kalau ingin mengikuti pelatihan tersebut saya mematok tarif sebesar Rp.8.000,- per orang.

Pemberikan pelatihan pun juga sudah profesional dalam hal membuat olahan dan jajanan tradisional. dijamin sepulang dari sini pasti sudah bisa mempraktekannya dirumah masing-masing. Terangnya (Kominfo/lks,yda,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner