Kamis, 18 Januari 2018

Pemkab Kediri Gelar Upacara Sumpah Pemuda


Pemerintah Kabupaten Kediri menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Stadion Canda Bhirawa, Pare, Senin (30/10).

upacara sumpah pemuda 89 3Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM. Turut hadir pula dalam upacara tersebut adalah jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri, siswa siswi mulai sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas sederajat, mahasiswa, TNI POLRI dan Pegawai di Lingkungan Kabupaten Kediri.

Dalam amanatnya, Wabup Kediri, Drs. Masykuri, MM., membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bahwa para pemuda 89 tahun lalu terdiri dari berbagai latar belakang agama, ras, suku, Bahasa yang berbeda-beda.namun sekat dan perbedaan tersebut tidak menjadi halangan untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia.

upacara sumpah pemuda 89 2“Inilah yang kita sebut berani bersatu. Peristiwa sejarah ini harus diteladani pemuda sekarang. Apalagi teknologi komunikasi dan transportasi semakin mudah. Membuat lebih banyak ruang berkumpul, siltarurahim dan interaksi sosial. Seharusnya tidak ada ruang untuk saling membenci, mengutuk, apalagi menebar fitnah dan kebencian.” Terangnya.

Selanjutnya beliau menambahkan, perlunya kita mengingat pesan dari Presiden Soekarno kepada pemuda agar tidak hanya mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau hanya mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia sekarang yang sudah satu Bahasa, satu satu bangsa dan satu tanah air.

upacara sumpah pemuda 89 1“Pesan ini mengandung maksud, api semangat sumpah pemuda harus diambil dan terus dinyalakan. Kita harus berani melawan segala upaya memecah persatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita.” Tambahnya.

“Mari kita kukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia.” Tandasnya. (Kominfo/Yda,Lks,Wk)

Add comment


Security code
Refresh