Kamis, 18 Januari 2018

5 tahun All Indonesia Lokal Young Koi Show Untuk Meningkatkan Budidaya Koi Lokal.

Show terbesar di penghujung tahun ini, yang merupakan agenda rutin, Keberhasilan dalam penyelenggaraan 5 tahun All Indonesia Lokal Young Koi Show dan 1 tahun APKI Breedeng Keeping Contest 2017 oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kediri dimulai dari tanggal 27 sampai dengan tanggal 29 Oktober 2017, bertempat di Convention Hall Kabupaten Kediri.

KOI SHOW CH 2

Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Djoko Susilo, Sh, MH bahwa All Indonesia Lokal Young Koi Show Tahun 2017, merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Kabupaten Kediri, Apresiasi yang sangat tinggi untuk kegiatan ini.

“Karena sangat bermanfaat bagi para pembudidaya Koi khususnya yang berada di Kabupaten Kediri dan di seluruh Indonesia pada umumnya. Terlebih pada event ini ikan koi yang dilombakan merupakan ikan koi lokal Indonesia. “ jalas Djoko Susilo mengutip sambutan Bupati Kediri.

Kegiatan ini merupakan ajang yang sangat baik untuk mempertemukan para pembudidaya dan penghoby ikan koi dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga akan dapat meningkatkan nilai ekonomi dan sekaligus mengangkat ikan koi lokal, sebagai salah satu produksi unggulan ikan hias dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

KOI SHOW CH 4

Potensi ikan hias koi di Kabupaten Kediri sampai dengan tahun ini sekitar 55.762.000 ekor, dengan nilai ekonomis sekitar 223 M, sentra produksi ikan hias di Kabupaten Kediri telah didukung dengan SK Bupati Kediri No. 188.45/124/418.32/2012 yaitu Wilayah Kecamatan Plosoklaten, Ngadiluwih, Badas, Kras, Kandat, Ringinrejo, Gurah dan Kecamatan Wates. Wilayah tersebut diharapkan menjadi Pusat Pembudidaya dan Pemasaran Ikan Hias Koi, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri. Kata Djoko Susilo.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kediri, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan, APKI (Asosiasi Pencinta Koi Indonesia) dan KKC (Kediri Koi Club) serta seluruh pihak dan masyarakat Kabupaten Kediri, yang telah memberikan dukungan dalam mensukseskan pelaksanaan 5 Tahun All Indonesia Lokal Young Koi Show Tahun 2017 di Kabupaten Kediri dalam rangka meningkatkan dan mengangkat pembudidaya Koi Lokal Indonesia.” Imbuhnya.

KOI SHOW CH 3

Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid, S.Pt. MH dalam wawancara dengan Tim Peliputan (29/10) menyampaikan bahwa untuk Tahun 2017 total peserta yang ikut mensukseskan kagiatan ini sejumlah 323 orang dari 43 kota dengan jumlah ikan 853 ekor yaitu Surabaya, Sukabumi, Tulungagung, Kediri, Bogor, Malang, Blitar, Ciamis, Palembang, Probolinggo, Sidoarjo, Bandung, Pasuruhan, Jogyakarta, Banjarnegara, Jakarta, Banyuwangi, Cianjur, Tuban.

“Kota terbanyak yang mengikuti event kali ini dari Blitar dengan 84 Peserta dan 147 ekor ikan, untuk peserta terbanyak masih dari Blitar atas nama Muljadi dengan 57 ekor ikan. Sedangkan untuk Handling Terbanyak dari ZNA Blitar dengan 70 ekor ikan.” Terang Nur Hafid dengan bangga.

KOI SHOW CH 5

Lebih lanjut dikatakan bahwa perolehan poin yang pertama Good One Koi Farm Surabaya dengan total Poin 25775 dengan Count Winner 38 sebagai Most Point atau paling banyak, CKK Koi Farm dari Surabaya dengan 12875 point dengan Count Winner 16, SCK Sukabumi dengan Point 11475 dengan Count Winner 21, Jhensen Tulungagung 11150 point dan 28 count winner, Plat AG Koi Kediri mendapat 7075 point dengan 14 count winner, New Ayunawa Bogor 6725 point dengan 20 count winner, Agung Koi Farm Kediri mendapat 5825 point dengan 11 count winner, Bagong Nistrikigoi Malang mendapat 5250 point dengan 17 count winner, Hary Koi Blitar mendapat 4300 point dan 8 count winner, Darpa Arta Koi Surabaya mendapat 3750 point dengan 9 count winner.

Mari kita sama sama belajar dari ikan Koi untuk tidak mudah putus asa, untuk tidak membuang waktu sia sia, dan untuk memenuhi panggilan jiwa sebagai makhluk yang berakal sesuai amanat Illahi, Banyak orang motivasi utama memelihara ikan koi adalah karena hobi. Sebenarnya kalau dikelola dengan serius, ikan koi memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan.

KOI SHOW CH 1

Banyak alasan sehingga budidaya ikan koi perlu dicoba salah satunya adalah karena ikan koi memiliki harga jual yang tinggi. Modal yang diperlukan untuk membudidaya ikan ini tidaklah terlalu besar. Orang yang sangat hobi ikan koi akan rela mengeluarkan uang yang mahal untuk jenis ikan koi yang diincar.

Bagaimana seseorang bisa dikatakan sabar jika kerap kali lari dari permasalahan dengan bersantai santai, nongkrong, bersenda gurau sepanjang hari dan membuang waktu begitu saja tanpa melakukan hal-hal yang lebih positif.” Kata Nur Hafid memberikan support bagi pemula budidaya ikan koi. (Kominfo, Yrpd, Wk).

Add comment


Security code
Refresh