Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Ribuan Santri Kabupaten Kediri Ikuti Apel Akbar Hari Santri Nasional

Pada hari ini tanggal 22 Oktober Pemerintah telah menetapkan setiap tanggal tersebut sebagai hari Santri Nasional. Untuk memperingati hal tersebut, ribuan santri, Kyai se Kabupaten Kediri berkumpul di Lapangan Stadion Canda Bhirawa Pare, Minggu (22/10). Mereka melaksanakan Apel Akbar peringatan Hari Santri Nasional dengan Inspektur Apel, Kepala PCNU Kabupaten Kediri, KH. Maksum.

Hari santri Nasional 1Dalam amanatnya, KH. Maksum menyampaikan santri Indonesia membuktikan berjiwa nasionalis dengan memberikan jiwa raganya 22 oktober 1945. Para santri di dukung Ulama dan Kyai telah berhasil menghalau datangnya kembali penjajah ke Negeri Indonesia.

"Kedepan saya yakin santri akan tetap berjiwa Nasionalis. Siapapun yang mengancam dan berusaha mengotak atik NKRI, para santri bersama Ulama, Kyai tidak akan tinggal diam, siap menjaga keutuhan NKRI." Terangnya.

Hari santri Nasional 2Sebagai informasi, menjadi menarik dan berbeda dari apel pada umumnya, pada kesempatan ini dibacakan resolusi jihad. Hal ini didasarkan pada salah satu peran besar santri dalam perjuangan kemerdekaan adalah dikeluarkannya resolusi jihad oleh pendiri NU, KH Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945 untuk melawan penjajah.

Hari santri Nasional 3Seruan jihad terhadap penjajah tersebut menjadikan api semangat bagi santri di seluruh pondok pesantren mengahadapi belanda di surabaya yang terkenal menjadi perlawanan 10 November yang selanjutnya dikenal sebagai Hari Pahlawan. (Kominfo/yda,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner