Senin, 19 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jadikan Verifikasi Kabupaten Sehat Menuju Masyarakat Yang Sehat dan Mandiri.

 Tibalah hasil akhir dari Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat untuk Kabupaten Kediri selama 2 (dua) hari mengadakan klarifikasi di titik-titik pantau sesuai dengan dokumentasi yang dikirim ke pusat, Tim Verifikasi Kabupaten Sehat baik Nasional, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Kediri, Kepala SKPD Se Kabupaten Kediri, diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH, M.Si di Ruang Kilicusi Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri (6/10).

KAB.SEHAT AKHIR

Tim Verifikasi Nasional Eko Budi Yuni hasto, SH, MM Kes, Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan, Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat diwakili dari Kementrian Kesehatan RI tepatnya di Direktorat Kesehatan Lingkungan Budiman, SH, MM Kes. Menyampaikan hasil yang mereka peroleh selama 2 (dua) hari di Kabupaten Kediri.

Tim Verifikasi Nasional Eko Budi Yuni Hasto, SH, MM Kes, Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan menyampaikan hasilnya sebagai berikut saya di Tim B di Desa Paron dan Purwodadi dengan masalah yang sama. Untuk kegiatan dan pemberdayaan masyarakat bagus. Dengan kegiatan kompleksitas, seperti ada Tatanan Ketahanan Pangan, UMKM, KRPL ada kegiatan Desa Siaga, Pamukiman sehat dan masih banyak lagi.

Cuma disini mereka pendukungnya hanya kesehatan saja,semua hanya terbawa dengan Desa Siaga padahal Desa Siaga sebagai program Direktorat padahal untuk Kabupaten/Kota Sehat ada 11 Kementrian didalamnya, kalau kita bicara tentang Kabupaten / Kota Sehat kita bicara bukan hanya bidang kesehatan saja, kita punya potensi hutan bisa kita jadikan Hutan Sehat atau Hutan Kota Sehat monggo. Pariwisata, kuliner dan ketahanan pangan, social sehat, lalulintas dan masih banyak lagi di Kabupaten Kediri yang bisa di kupas.

KEB.SEHAT AKHIR 1

Kalau untuk Desa Purwodadi sebagai Tatanan Sosial Sehat artinya sebagai indicator dari tatanan tersebut tidak adanya masyarakat yang dipasung atau penderita ODGJ (Orang Dengan Ganggunan Jiwa) bebas pasung. Kita bisa melihat masalah yang ada di Sekolah, bisa masuk dengan Program LH, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perlindungan Anak, religie keagamaan dan masih banyak lagi.

Untuk masalah dokumentasi semua lengkap dan sangat bagus, mulai dari daftar hadir, notulen sampai dengan dokumentasi semuanya lengkap dan bagus juga foto-foto kegiatan sebagai dukungan sudah lengkap dan bagus. Kata Eko.

Kementrian Kesehatan RI tepatnya di Direktorat Kesehatan Lingkungan Budiman, SH, MM Kes.menyampaikan hasil Verifikasi Kabupaten Sehat yaitu sesuai dengan akhir kegiatan kami sebenarnya sesuai dengan yang diusulkan ke pusat sudah cukup bagus, Cuma kamu berikan masukan untuk inti daripada kegiatan Kabupaten/Kota sehat terletak pada Forum, harapan kita Forum dan Masyarakat bisa diberdayaan dalam pembangunan masyarakat yang sehat dan mandiri.

Bagaimana kita melihat bahwa trek untuk melihat aktifitas forum dengan bukti-bukti kongrit yang lengkap, tapi yang belum komplit dan tertata rapi bagaimana mendokumentasikan kapan , dimana kegiatan yang dilaksanakan. Forum itu siapa jadi bisa dari masyarakat atau beberapa orang yang terdiri dari lintas sector terkait, Tokoh Masyarakat dan lainnya.kesempurnaannya harus dorong dengan sector-sektor terkait.

KEB.SEHAT AKHIR 2

Kabupaten Kediri sudah lewat sebagai suatu tatanan yang bisa mendokumentasikan suatu kegiatan yang ketiga saat kita berkunjung ke Kecamatan Pare sudah berjalan secara Implisif, artinya rohnya sudah ada kalau bisa dilengkapi dengan dukungan administrasi dengan satu dokumen. Terangnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH, M.Si menyampaikan terimakasih atas masukan dan saran untuk menjadikan Kabupaten Kediri menjadi Kabupaten Sehat banyak sekali yang harus kita benahi dan kita harus belajar banyak dari masukan dan saran yang disampaikan oleh Tim Verifikasi Nasional.

Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kediri mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kpada Tim Kabupaten sehat Tingkat Nasional dan Tim Pendamping Provinsi Jawa Timur atas kesesiaannya untuk datang ke Kabupaten Kediri, kami menyadari masih banyak hal yang perlu dibenahi, untuk itu kami mengharapkan kesediaan Tim Verifikasi senantiasa membimbing dan mengarahkan untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Terang Supoyo.

KEB.SEHAT AKHIR 3

Juga kepada semua yang sudah mendukung kegiatan Kabupaten Sehat untuk Kabupaten Kediri atas Partisipasinya juga kerasama dari SKPD Se Kabupaten Kediri, Forum Kecamatan Sehat serta pihak terkait yang sudah mendukung kegiatan ini, seperti pembahasan diatas mungkin kita bisa study banding di Payam Kumbuh Sumbar yang sudah mendapat 7 tatanan, supaya tahun depan kita bisa masuk dalam 7 tatanan kalau sekarang kita hanya 4 tatanan dan tahun 2018 bisa menjadi 7 tatanan bisa kita usulkan.

Selamat jalan kepada Tim Verifikasi Nasional juga Provinsi Jawa Timur semoga selamat dalam perjalanan dan sampai di tempat tujuan, Amiinnn imbuh Supoyo. (Kominfo, Yrpd, Yd, Tee,Ans, Wk).