Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

ODGJ Bebas Pasung Andalan Purwodadi menyabet “Swasti Saba Wiwerda”


Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Hj. Rosyida Masykuri dengan setia mendampingi Tim Verifikasi Nasional dan Provinsi Jawa Timur untuk Klarifikasi atau tinjau lapang di Desa Purwodadi Kecamatan Ringinejo (6/10) didampingi oleh Tim Forkom Kabupaten Kediri. disambut oleh Camat Ringinrejo Ibnu Imad, S.Sos bersama dengan Muspika Kecamatan Ringinrejo.

PURWODADI SEHAT 1

Kepala Desa Purwodadi H.Komari dan Ibu Ketua TP.PKK Desa Purwodadi dengan memberikan kalungan bunga juga paguyuban kesenian dari Desa Purwodadi dengan menampilkan musik tradisional perpaduan angklung dan gamelan membuat semangat dan ikut menyanyi para tamu yang hadir.

Dalam sambutannya Kepala Desa Purwodadi menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih karena sudah datang di Desa kami, harapan kami supaya semua tim bisa legowo menerima keberadaan Desa kami, kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk membangun desa kami menjadi lebih maju dan labih baik lagi.

PURWODADI SEHAT 2

Ketua Forkom Desa Sehat juga sebagai Ibu Ketua PKK Desa Purwodadi menyampaikan sekilas paparan tentang keberhasilan Desa Purwodadi dan juga diberikan piagam penghargaan oleh Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno karena telah berpartisipasi dalam membayar PBB diawal tahun 2017 pada minggu pertama.

Kebersihan dan keseragaman mulai dari jalan dan lahan pekarangan yang semua tanaman sepanjang jalan di Desa Purwodadi dibuat dengan ukiran batik atau pot bunga dengan ukiran batik untuk lahan hijau, kami juga mengadakan lomba kebersihan pada bulan Agustus dalam rangka Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Termasuk juga RT yang ada di Desa kami ikut lomba kebersihan lingkungan.

Awal diadakannya kebersihkan lingkungan pada awal tahun 2014 begitu menjabat kami melihat disepanjang jalan ini banyak sekali ditumbuhi rumput liar, akhirnya dengan kesepakatan bersama kami mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan, disamping itu kegiatan keamanan juga kami tingkatkan. Terangnya.

PURWODADI SEHAT 3

Fasilitas kesehatan ada Pustu dan Polindes aktifitas termasuk Desa Siaga juga sudah memiliki satu mobil siaga untuk antar warga yang sakit di bawa kerumah sakit dan siap antar jaga 24 jam, dan masih banyak lagi, termasuk sanggar kesehatan jiwa yang hanya dimiliki oleh Desa kami yang semuanya bisa kami katakana bebas pasung.

Memberikan keterampilan kepada penderita ODGJ, walaupun kecil tapi bagi mereka sudah tampak besar karena mereka dengan gangguan jiwa bisa bermanfaat juga hasil dari kerajinan bisa dijual, mereka semua juga sangat senang dan semangat dalam membuat kerajinan yang sudah kami berikan.

PURWODADI SEHAT 4

Tim Verifikasi Nasional Eko Budi Yuni hasto, SH, MM Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan melihat hasil paparan menyampaikan seperti halnya Desa Paron ternyata di Desa Purwodadi pemberdayaan masyarakatnya sangat luar biasa, bagus sekali saya sangat salut dengan keadaan ini. bisa di konsulidasikan untuk pembetulan konteks nama saja, karena semuanya memakai Desa Siaga, padahal Desa Siaga sebagai bagian dari Desa Sehat.

Dengan dana Pokja Desa Sehat, seperti contohnya dengan conteks Tatanan Sosial Sehat kalau memang penderita ODGJ tidak ada yang dipasung atau sudah bebas pasung, kalau kita bicara dengan keamanan kita sudah bisa berbicara tentang tatanan social dan bisa kita bergabung dengan Polsek dan Koramil di Desa maupun di Kecamatan.

PURWODADI SEHAT 5

Acara dilanjutkan dengan bedah dokumen dan dilanjutkan dengan melihat kerterampilan penderita ODGJ dalam membuat sula dari raffia diinformasikan bahwa ODGJ yang sudah sembuh merea sekarang sudah mencari kerja bahkan bisa bekerja dengan baik juga mendapat penghasilan sama dengan yang lainnya. Terang Eko. (Kominfo, Yrpd, Ans, Wk).

banner