Thursday, 19 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tim Verifikasi Nasional Kagumi Pemberdayaan Masyarakat Desa Paron.


Sungguh sangat luar biasa sekali penyambutan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat di Desa Paron Kecamatan Ngasem, dengan bersholawat anak-anak Taman Kanak-Kanak dan Anak-Anak SD dengan Bendera Merah Putih dikibarkan, tidak ketinggalan kesenian jaranan asal Desa Paron dengan pemain Mahmud Cs menambah semaraknya suarana Verifikasi Kabupaten Sehat di Desa Paron. (6/10).

SEHAT PARON 6

Plt.Camat Ngasem Mohamad Nizam Subekhi, S.Sos. MM menyambut kedatangan Tim Verifikasi Nasional dan Provinsi Jawa Timur. Mempromosikan kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Paron mengambil Tatanan Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat. Dimana Desa Paron ada Perumahan sudah bisa dikategorikan sehat, terlebih lagi masyarakat Desa Paron bersatu tidak ada perbedaan, saling bantu dan gergotongroyong menciptakan suasana Desa aman, tertib dan terkendali sesuai harapak kita semua.

SEHAT PARON 2

Ketua Forkom Desa Ngasem dalam paparannya menyampaikan bahwa di Desa Paron semua lembaga bisa bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan mereka bekerja bersama-sama diantaranya mulai dari lembaga Desa Paron yaitu BPD, LPMD, RT/RW, PKK, Linmas dan ditambah Gapoktan, KWT, Kelompok Tani, Hippa, Kelompok Kesenian, Karang Taruna, Lembaga Adat, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Posbindu, Polindes, Tapos, Lansia dan FKUB.

Desa Paron ini termasuk desa yang memiliki beragam agama yaitu Islam, Kristen, Hindu dan Budha jadi komplet tapi mereka selalu bersatu bisa rukun, saling menghormati antar umat beragama, juga desa produktif mulai dari pertanian, hasil perkebunan yang bisa kita lihat penghasil brambang, jagung, Lombok dan lainnya. Karena Desa Paron banyak sekali sawah jadi masyarakatnya banyak petani atau bertani. Katanya menyampaikan monografi Desa Paron.

SEHAT PARON 7

Selanjutnya hasil pengamatan dari Tim Verifikasi Nasional Eko Budi Yuni hasto, SH, MM Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan menyampaikan terimakasih dan kagum atas sambutan yang diberikan di Desa Paron, seperti seorang penganten kami berdua disambut hangat bahkan sangat meriah dengan gamelan khas Jaranan Budaya Kabupaten Kediri.

Yang sangat mengharukan saya saat di beri cindramata dari Ibu Camat Ngasem sebuah barongan, saya teringat dengan ayah saya yang suka sekali dengan barongan seperti ini dan sampai sekarangpun masih ada walau sudah rusak tapi tetap dipajang di ruang keluarga, kenangnya mengingat kesenagnan sang ayah tercinta. Tidak ada kata selain ucapan terimakasih atas pemberian yang sangat berharga ini, akan saya persembahkan untuk ayah saya di Madiun. Katanya.

SEHAT PARON 8

Setelah saya melihat di Desa Paron dan mengupas dokumen yang ada di Desa Paron kalau masalah pemberdayaan masyarakatnya oke, saya akui bagus, bagus banget, dokumennya sebenarnya juga bagus, lebih bagusnya kita belajar dari kekurangan untuk menuju kebaikan dan pembenahan kearah yang lebih baik. untuk contennya hanya membahas masalah kesehatan padahal kita tahu banyak sekali di sini potensi yang bisa diandalkan.

Itu semua bisa ditambahkan bahkan Desa ini bisa mencakup ke 9 tahanan yang kami ajukan untuk Verifikasi Kabupaten Sehat. Tatanan Ketahan Panganan di sini sudah oke bisa kita lihat dalam pameran hasil pertaniannya. Masalah topengnya tapi bukan topeng yang diserahkan pada saya pak, guyonnya.

SEHAT PARON 5

Sebetulnya Desa Siaga hanya bagian dari Kabupaten Sehat saja. Jadi untuk Pokja namanya Desa Sehat, kalau Pokja Desa Sehat itu berasal dari 9 bahkan 11 Kementerian, jadi yang kaitannya dengan lintas sector di Desa Ngasem ini semuanya terkait dan ada di sini, bidang social, bidang pendidikan, budaya dan agama semua sebetunya bisa dilibatkan jadi bukan hanya kesehatan saja. Jelasnya.

Ditatanan ke 9 sebetulnya bisa masuk terkait kerukunan umat beragama, pengertian masyarakatnya ini yang saya salut dan kedepannya bisa diganti menjadi Pokja Desa Sehat yang didalamnya ada lintas sector lain yang didalamnya termasuk Desa Siaga termasuk UMKM dan sebagainya. Ini hanya masalah nama saja supaya semuanya bisa membedakan Desa Siaga dan Desa Sehat.

SEHAT PARON 1

Acara dilanjutkan dengan melihat kawasan pemukiman dan prasarana sehat, ditemui juga ada kelompok pengajian, Tim singgah di kegiatan posyandu juga sempat bertanyajawab dengan pengurus Posyandu, selanjutnya ada kegiatan senam lansia juga sempat ikut gabung dalam senam lansia. (Kominfo, Yrpd, Ans, Wk).