Thursday, 19 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

“Kartu Minggiran Sehat” Menuju Desa Sehat Tingkat Nasional

Titik pantau Verifikasi Tingkat Nasional pada hari Kamis (5/10) ada 2. Tadi sudah kita bahas di Desa Tertek Kecamatan Pare, kali ini kita bahas di Desa Minggiran Kecamatan Papar dengan Tatanan Kawasan Kahidupan Masyarakat Sehat Mandiri, yang dikunjungi oleh Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional yaitu dari Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan Eko Budi.

MINGGIRAN SEHAT 4

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Nasional bersama dengan Tim Verifikasi Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Kediri disambut dengan tarian penyambutan anak-anak SD dan juga SMP Desa Minggiran serta Camat Papar H. Mujiatmiko, S.Sos, MM beserta Tim Forkom Kecamatan.

Dalam sambutannya Camat Papar H.Mujiatmiko, S.Sos, MM menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Kediri khususnya di Desa Minggiran kepada Tim Verifikasi baik dari Tingkat Nasional maupun Provinsi, dengan kedatangan para Tim di titik pantau ini kami berharap bisa memberikan masukan, kritik dan saran supaya kedepannya ada pembenahan ke arah yang lebih baik lagi.

MINGGIRAN SEHAT 3

Ketua Forkom Desa Minggiran Kamsudi didampingi Kepala Desa Minggiran M. Munirudin menyampaikan paparan Survey Mawas Diri (SMD) tentang transportasi yang sudah berhasil kita laksanakan yaitu adanya kendaraan “Ambulan Desa” yang disepakati oleh MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang digunakan untuk warga dalam keadaan gawat darurat yang harus cepat dirujuk ke rumah sakit. Disamping itu kami juga sudah bisa memberikan layanan kesehatan dengan adanya “Kartu Sehat” atau bisa disebut “Kartu Minggiran Sehat”.

Kartu Minggiran Sehat kami pergunakan untuk membiayai para lansia yang tidak mampu untuk berobat maupun rawat inap. Kami juga memberikan tanda-tanda bagi ibu yang hamil dengan tanda tanda khusus seperti bendera, termasuk tanda untuk ibu yang akan melahirkan jadi para kader Desa Sehat bekerja tanpa pamrih dan selalu anjangsana untuk memastikan kesehatan ibu hamil. Dan dengan adanya tanda-tanda tersebut para kader juga bisa siaga meringankan beban keluarga memberikan pertolongan untuk mengantar kerumah sakit atau bidan terdekat.

MINGGIRAN SEHAT 1

Selain itu untuk menambah kas dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan warga lainnya kami juga mengadakan jimpitan sukarela yang kami berinama “Jimpitan Kaleng Sehat”, dari jimpitan inilah kami bisa membantu warga memberikan layanan kesehatan dan masih banyak lagi yang disampaikan oleh Munirudin tentang kemajuan desanya secara mandiri.

Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan Kementerian Kesehatan RI Eko Budi setelah bedah dokumen melihat hasil kegiatan sesuai tidaknya dengan dokumen yang ada dan menyampaikan kesimpulan untuk dokumentasi dan data-data kegiatan semuanya baik dan untuk tinjau lokasi penandaan Ibu Hamil juga kami salut dan memberikan apresiasi tinggi kepada Desa Minggiran mungkin ini tidak ada di tempat lain.

MINGGIRAN SEHAT 2

Saran dan masukan dari saya terkait untuk kemajuan Desa Minggiran menjadi Desa Sehat kedepannya masih banyak lagi sekor-sektor yang bisa dikembangkan dan dipadukan untuk menuju Desa Sehat secara keseluruhan, untuk masalah kesehatan memang dan penanganannya sudah bagus bahkan berhasil hal ini bisa dipadukan dengan sektor pendidikan atau sekolah sehat, sektor lalu lintas sehat dan masih banyak lagi. Ini sebagai saran dan masukan dari kami," kata Eko Budi. (Kominfo, Tee, Yrpd, Wk).