Senin, 19 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Titik Pantau Kabupaten Sehat Desa Tertek Mendapat Nilai Baik.

Kedatangan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat untuk Kabupaten Kediri hari ini (5/10) dengan titik pantau di Kecamatan Pare, disambut oleh Tim Kabupaten Sehat Tingkat Kabupaten Kediri, juga Camat Pare Anik Wuryani, S.Sos. M.Si dan Tim Forkom Tingkat Kecamatan Pare, dalam kegiatan di Kecamatan Pare Tim langsung bekerja untuk memberikan pertanyaan seputar kegiatan yang diadakan Tim Forkom Kecamatan dalam hal membina Desa khususnya Desa Sehat.

KAB.SEHAT PARE 5

Muto’in, SH. MH sebagai Ketua Tim Forkom Kecamatan Sehat menjelaskan secara gambling untuk Desa-Desa yang ada di Kecamatan Pare yang sudah bisa di kategorikan Desa Sehat. Didampingi Tim Forkom Tingkat Kabupaten diketuai oleh Nurul Puspa Irawati, ST, Sudarmono, Rifandi bersama dengan anggota lintas sector atau dari SKPD termasuk dari Kominfo sebagai dokumentasi dan pendampingan menyampaikan bahwa Kecamatan Pare sejak tahun 2015 memang sudah menjadi salah satu titik pantau untuk Kabupaten Sehat.

Tahapan demi tahapan yang ditanyakan terkait buku tamu, notulen, dokumentasi kegiatan, SK Forkom dan kegiatan apasaja yang sudah diadakan oleh Tim Forkom Kecamatan Sehat untuk membina Tim Forkom Desa Sehat. Ditanyakan juga dengan keberhasilan meraih Swasti Saba Pradapa apakah masih jalan, ternyata di Kecamatan Pare mulai dari awal sudah dijalankan semua dan untuk menuju ke Swasti Saba Wiwerda ada dua kagiatan yang ditambahkan untuk menuju Tatanan Kawasan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, yang akan kita kunjungi di Desa Tertek. Terang Muto’in.

KAB.SEHAT PARE 2

Setelah bedah dokumen dan melihat bukti-bukti otentik yang ada di Kecamatan Pare Tim langsung meluncur ke Desa Tertek dan disambut dengan Plt.Kepala Desa Pare Edy Subiyakto masih didampingi Ibu Camat Pare, Tim Dari Provinsi dan juga Tim Kabupaten Kediri, sambil santai mendengarkan sekilas paparan yang disampaikan oleh Bidan Desa Dotik dengan gambling tentang apasaja yang sudah dilakukan oleh Tim Forkom Desa bekerjasama dengan Tim Forkom Kecamatan.

Dotik menyampaikan untuk menambah tatanan dari Pradapa menjadi Wiwerda Desa Tertek menambah inovasi “Sandiyah” sebagai salah satu unggulan di Desa Tertek dengan berbagai kegiatan yaitu mengadakan menabung bagi anggota Sandiyah 1 bulan sebesar Rp. 10.000 selama 30 bulan, dari sinilah Desa Tertek bisa mendiri karena dari hasil tabungan tersebut sebagian digunakan sebagai simpan pinjam untuk anggota dan sebagian lagi untuk membantu modal usaha anggota, dengan menggunakan system bagi hasil.

KAB.SEHAT PARE 3

Selain itu juga ternyata usaha Sandiyah mengalami kemajuan yang sangat pesat dan dari hasil menabung yang dijadikan sebagai simpan pinjam ternyata juga bisa sebagai Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) Dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, berbagai upaya dilakukan dengan memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada termasuk yang ada di masyarakat.

Pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) di Posyandu yang ada di Desa Tertek, santunan bagi kader dan keluarga inti yang sedang sakit atau rawat inap di rumah sakit, santunan bagi kader dan keluarga inti yang meninggal dunia, Rekreasi dalam dan luar Provinsi, pemberian sarana dan prasarana, pemberian seragam untuk kader, pemberian parsel Lebaran, DP Umroh bagi kader dan masih banyak lagi.

KAB.SEHAT PARE 4

Serta diperlihatkan juga keberhasilan yang sudah dicapai oleh Desa Tertek sebagai Desa yang Sehat dan Mandiri, termasuk juga mengelola dan pengembangan pada Posyandu Jiwa kenapa kami focus pada pengembangan posyandu jiwa karena di Desa Tertek ini makin hari ada yang mengalami gangguan kejiawaan, untuk saat ini yang sudah kami tangani ada 25 jiwa, dengan cara memberikan kunjungan dan memberikan keyakinan bagi warga untuk selalu memberikan motivasi dan semangat kepada mereka yang mengalami gangguan jiwa. Harapan kami meskipun dia memiliki gangguan jiwa, tapi masih mampu melakukan kegiatan dan nantinya bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Dengan adanya hal ini Desa Tertek pada tahu 2016 mendapatkan Award Desa dalam kategori Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan oleh Radar Kediri bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. dan mendapatkan hadiah sebesar 200 juta rupiah, hadirinpun bertepuk tangan. Mendengarkan paparan Dotik bidan desa yang handal dan mampu mengangkat nama Desa Tertek bahkan juga bisa membawa nama harum Kabupaten Kediri.

KAB.SEHAT PARE 1

Tim Verifikasi Nasional dari Lintas Sektor salah satunya dari Kementrian Kesehatan RI tepatnya di Direktorat Kesehatan Lingkungan Budiman Setepu sangat salut akan keberhasilan Desa Tertek membangun Desa Yang Mandiri disamping kelengkapan dokumentasi saya juga sangat bangga karena semua bisa ditangani mulai posyandu balita, posyandu lansia, pospindu dan semuanya dengan nilai bagus.

Walaupun para posyandu bekerja sukarela dan pekerjaan social yang semuanya untuk meningkatkan kesehatan kepada masyarakat dan semuanya bisa sehat, tetap semangat untuk bekerja. Kata Budiman dengan memberikan motivasi dan semangat kepada para kader.

KAB.SEHAT PARE

Setelah selesai menilai di Desa Tertek acara di lanjutkan dengan tinjau lokasi di Pasar Sayur Kecamatan Pare untuk melihat bagaimana pengelolaan pasar yang dikelola oleh paguyuban pasar sayur ini menjadi lebih baik, tertata dan bisa sebagai pasar grosir utamanya sayuran juga kebutuhan lainnya. Saya ucapkan selamat kepada Ibu Camat Pare yang sudah membina para kader manjadi maju dan lebih baik. Imbuhnya. (Kominfo, Yrpd, Wk).