Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bursa Buah dan Agribisnis Meriahkan Festival Kelud 2017

Perhelatan Festival Kelud 2017 masih berlangsung. Salah satu kegiatan dalam rangkaian agenda pariwisata tahunan ini adalah Bursa Buah dan Agribisnis yang dilaksanakan di area parkir Kediri Lagi Kawasan Wisata Gunung Kelud. Puluhan jenis buah dan sayur yang ada di Kabupaten Kediri ditampilkan dan diperjualbelikan secara langsung kepada konsumen atau pengunjung Gunung Kelud selama dua hari, 30 September – 1 Oktober 2017.

buah 3

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Widodo Imam Santoso, MAB. menyampaikan, 26 kecamatan di Kabupaten Kediri memiliki potensi unggulan masing-masing, termasuk di dalamnya buah dan produk lainnya. Potensi inilah yang disajikan kepada masyarakat luas melalui Bursa Buah dan Agribisnis.

“Selain komoditas buah, pada kegiatan ini juga ditampilkan hasil produksi peternakan, perikanan dan industri-industri lain yang berkembang di Kabupaten Kediri. Akan dilaksanakan juga identifikasi produk unggulan masing-masing wilayah. Sekaligus buah-buah yang yang punya potensi bagus akan diidentifikasi dan ditindaklanjuti, kita lepas menjadi produk unggulan Kabupaten Kediri,” urai Widodo Imam S. pada pembukaan Bursa Buah dan Agribisnis, Sabtu (30/9).

buah 2

Menurutnya dari penyelenggaraan bursa buah tahun lalu, terdapat buah unggulan yang saat ini sudah lepas varietas tingkat nasional, yaitu Alpukat Soga dari Desa Dukuh Kec. Ngadiluwih. Sementara itu dua varietas lainnya masih dalam proses pelepasan, yakni Durian Semoyo dari Desa Blimbing Kecamatan Mojo, dan Nanas Pasir Kelud 1 dari Kecamatan Ngancar.

Bursa buah dan agribisnis yang diikuti seluruh kecamatan se-Kabupaten Kediri ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Sejak dibuka pukul 08:00 WIB, masing-masing stan dipenuhi pengunjung. Buah-buah lokal dan sayuran berkualitas terbaik disajikan, seperti nanas, pisang cavendish, mangga podang, durian, kelengkeng, labu siam, selada, kacang panjang dan lain sebagainya. Beragam produk olahan buah disuguhkan, berikut tester yang bisa dicoba pengunjung, seperti puding labu, kletik nanas, keripik dan jus aneka buah.

buah 1

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno pun berkesempatan mengunjungi Bursa Buah dan Agribisnis. Didampingi Kepala Dinas Pertanian & Perkebunan, Kepala DKPP dan Kepala Dinas Perdagangan, Bupati Kediri mengunjungi masing-masing stan dan berdialog dengan para pelaku agribisnis. Terkait dengan produk olahan, beliau memberi masukan agar mereka selalu memperhatikan kualitas, baik dari segi komposisi, rasa maupun kemasan. Izin PIRT juga menjadi hal yang tak boleh diabaikan agar produk lebih terjamin dari sisi keamanan makanan dan akan mempermudah pemasaran.

buah 4

Semakin siang, pengunjung bursa buah dan agribisnis kian bertambah. Terlebih di hari yang sama juga dilaksanakan agenda Larung Sesaji Kelud di area jembatan Bladak kawasan wisata Gunung Kelud. Usai menyaksikan acara tersebut, masyarakat berbondong-bondong mendatangi area bursa dan berbelanja buah, sayur dan aneka macam tanaman holtikultura. Tak lupa mereka berselfie di depan gunungan nanas yang tersusun dari 7.775 buah nanas. Esok, Minggu (1/10), gunungan tersebut akan dibongkar dan ribuan buah bersisik ini akan dibagikan kepada para pengunjung. (Kominfo/tee,yrpd,tj)

Add comment


Security code
Refresh

banner