Thursday, 13 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Jambu Menuju Wisata Edukasi “Kampung Kelengkeng”


Desa ini dulu memang tidak begitu terkenal, bahkan menyebut namanyapun tidak pernah, tapi setelah Erupasi Gunung Kelud atau sekitar tahun 2015, sedikit demi sedikit desa ini merangkak, bahkan bisa dikatakan melejit, bak artis yang lagi in atau naik daun. Anda penasaran? Mari kita sedikit demi sedikit mengupas keberhasilan Desa Jambu Kecamatan Kayenkidul.

DESA JAMBU 4

Siapa yang tidak mengenal Kapala Desa yang satu ini, pria paruh baya yang selalu tersenyum ramah, Agus Joko Susilo Kepala Desa Jambu salah satu desa yang ada di Kecamatan Kayenkidul, mulai menjabat sebagai Kepala Desa Jambu sekitar awal tahun 2014 lalu, dengan semangat dan tekat yang tak pernah padam dan pantang menyerah selalu mempunyai ide untuk trobosan-trobosan baru, hingga sekarang ini sudah banyak keberhasilan yang di capai.

DESA JAMBU 3

Kepala Desa Jambu Agus Joko Sulilo mengatakan kapada Tim Peliputan (26/9) di kediamannya sangat berterimakasih sekali terutama kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kediri yang selalu menemani disetiap kegiatan yang diadakan di Desa Jambu, kami bisa dikenal di Masyarakat bukan hanya di Kabupaten Kediri bahkan sampai luar Kabupaten Kediri. katanya dengan bangga.

Salah satu keberhasilan kami di sector perkebunan terutama dengan adanya kebun bibit “Alam Tani” yang ada di Desa Mejono Kecamatan Plemahan atau tepatnya di samping Pom Bensin Mejono arah ke Kecamatan Pare, saat ini kabun bibit “Alam Tani” sudah saya renovasi, dimsaping bisa menikmati tanaman hijau juga bisa menikmati masakan kuliner yang kami sediakan, semua ini berkat kerjasama dengan para karang taruna juga masyarakat Desa Jambu.

DESA JAMBU 1

Kami juga sudah mengembangkan kelengkeng dengan jumlah sekitar 2000 pohon yang sudah kita tanam, untuk sekedari informasi kelengkeng ini sekitar 2 – 3 tahun sudah berbuah dan menikmati panen pertama dari hasil kelengkeng, kebetulan saat ini dengan adanya tanaman 2000 pohon tersebut saya bisa mengembangkan di lahan 1 Ha, juga saya buat sebagai “Agrowisata Petik Kelengkeng” arahnya Desa Jambu menjadi Desa Wisata Edukasi, menambah wisata yang ada di Kabupaten Kediri. terang Agus

Bahkan kami sampai kewalahan karena banyaknya tamu berdatangan baik dari Kabupaten Kediri, sampai Manca Negara, bahkan baru-baru ini desa kami dikunjungi Mariem dari Tunisia Afrika untuk melihat potensi baik sector perekonomian, peternakan, perkebunan sampai budaya yang ada di Desa jambu semuanya ingin ngansu kaweruh atau belajar menggali ilmu apa saja potensi yang ada di Desa Jambu.

DESA JAMBU 2

Selain itu juga kita sudah memberikan bibit di rumah warga setiap rumah kami beri 2 bibit pohon kelengkeng untuk ditanam dan dipelihara juga bisa dijual pada saat musim buah kelengkeng di rumah-rumah warga Desa Jambu bahkan juga sekolahan – sekolahan yang ada di Desa Jambu kita beri bibit kelengkeng, untuk penjualan hasil buah kelengkeng di Malang, Surabaya, Tulungagung, kalau untuk wilayah Kabupaten Kediri kita sudah bekerjasama dengan pedagang buah, swalayan –swalayan. tambahnya

Alhamdulilah semua ini saya lakukan untuk mengangkat perekonomian warga Desa Jambu, juga berkat Media Sosial kita terus dan terus promosi silahkan lihat di Instagram @agus joko susilo atau di Facebook juga dengan nama yang sama, bagi anda yang ingin pesan bibit kelengkeng silahkan hubungi kami Hp. Juga WA 081 259 024 491. (Kominfo, Yrpd, Wk).

Add comment


Security code
Refresh

banner