Senin, 23 Oktober 2017

Turunkan Angka Pengangguran dengan Bursa Kerja

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Tenaga Kerja kembali menggelar Bursa Kerja Mini/Job Market Fair. Acara yang digelar pada Selasa (26/9) tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Disnaker dan dibuka mulai pukul 08:30 WIB. Ratusan pelamar kerja terlihat antusias dan sejak pagi sudah mendatangi lokasi kegiatan.

job 2

Sekretaris Disnaker Kab. Kediri Sigit Rahardjo mengatakan banyaknya jumlah masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan serta kondisi perekonomian saat ini menjadi concern pemerintah daerah.

“Tahun 2017 tercatat ±41 ribu pengangguran di Kabupaten Kediri, ini angka yang cukup tinggi. Untuk itulah perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi pengangguran dan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat pencari kerja untuk bisa bekerja. Salah satunya dengan mengadakan bursa kerja ini,” katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh 13 perusahaan tersebut merupakan bursa kerja mini kedua yang dilaksanakan Disnaker, setelah sebelumnya diadakan pada bulan Maret 2017 silam. Bursa kerja dalam skala yang lebih besar telah dilaksanakan pada Juli 2017. Menurut Sigit, masih ada satu agenda bursa kerja mini yang akan digelar tahun ini. Selain mengurangi jumlah angka pengangguran dan kesenjangan antara jumlah pencari kerja dan lowongan pekerjaan yang ada, bursa kerja juga dimaksudkan untuk mengurangi dampak akibat terjadinya pemutusan hub kerja (PHK).

job 1

“Acara ini mempertemukan perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja dengan masyarakat pencari kerja. Tentu kami berharap akan banyak tenaga kerja, utamanya dari Kabupaten Kediri, yang dapat terserap di perusahaan peserta jobfair,” lanjut Sigit.

Tidak hanya didatangi oleh para pencari kerja, bursa kerja ini juga diminati oleh pelajar SMK. Tampak puluhan siswa-siswi berseragam abu-abu dari SMKN Grogol 1 mengunjungi stan-stan perusahaan dan mencari informasi seputar pekerjaan yang ditawarkan. Moh. Al Yusro selaku guru pembina mengatakan bahwa murid-murid tersebut diajak agar tahu seperti apa bursa kerja.

job 3

"Kegiatan ini sangat bagus prospeknya bagi lulusan SMK, jadi kami mengajak siswa-siswi dari kelas XII agar tahu proses rekruitmen dalam dunia kerja. Mereka ini perwakilan dari semua jurusan di SMKN 1 Grogol, dan nanti mereka akan presentasi di kelas masing-masing untuk menginformasikan kepada teman-temannya tentang penyelenggaraan bursa kerja,” urai Al Yusro.

Sementara itu Nurul Fadila, seorang karyawati PT. Naturindo Fresh mengatakan ini kali ketiga perusahaannya mengikuti job fair yang dilaksanakan Disnaker Kab. Kediri. Ia menambahkan, perusahaannya membutuhkan 15 karyawan dan berharap seluruh lowongan terisi melalui kegiatan ini.

job 4

"Kami bergerak di bidang kesehatan dan membutuhkan karyawan dengan rentang usia 25-45 tahun. Tidak harus lulusan kesehatan karena jika nanti diterima, mereka akan mendapatkan pelatihan. Surat lamaran yang masuk akan segera kami seleksi dan akan dilakukan tahap berikutnya, yaitu pemanggilan dan wawancara. Mudah-mudahan dengan mengikuti acara ini, kami dapat membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Kominfo/tee,lks,wk)

Add comment


Security code
Refresh