Thursday, 18 April 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

EKSPONAK 2017 Sebagai Ajang Perkembangan Peternakan Kabupaten Kediri.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri hari ini (13/9) menggelar kegiatan Ekspo Agribisnis Peternakan dan Kontes Ternak Tahun 2017 di Lapangan Desa Banyakan Kecamatan Banyakan dengan kegiatan kontes sapi dan kambing, ekspo pendidikan peternakan dan kesehatan hewan, juga di dukung bazar produk-produk UMKM.

EKSPO SAPI 3

Kepala DKPP Kabupaten Kediri drh. Tutik Purwaningsih membuka acara kegiatan tersebut dengan pemotongan tumpeng di serahkan kepada Plt. Camat Banyakan Heri Utomo S,Sos didampingi Muspika dan Kepala Desa Banyakan, selain itu juga penyerahan pecut kepada Kristiadi peserta kontes juga peternak sapi asal Dusun Kamal Desa Banyakan. Acara dilanjutkan dengan tinjau Kontes sapi dan kambing.

EKSPO SAPI

Drh.Tutik Purwaningsih menyampaikan ucaapan terimakasih atas nama Ibu Bupati Kediri atas partisipasi dari Peternak Sapi dan Kambing yang sudah mengikuti dan mensukseskan Kontes sapi dan kambing se Kabupaten Kediri jadi ada 26 Kecamatan yang ikut dalam kegiatan ini.

Kontes Ternak tahun 2017 ini bertujuan memberikan ilmu, pengetahuan dan juga informasi di dunia peternakan dan memberikan apresiasi kepada seluruh peternak juga semua yang terlibat di dalam dunia peternakan baik dari Akademika maupun seluruh masyarakat khsusunya Kabupaten Kediri maupun Jawa Timur juga secara Nasional. Jelasnya.

EKSPO SAPI 1

Untuk kegiatan kontes ini kami lakasankan selama 2 hari mulai hari ini 13 dan 14 September 2017, kami mengharapkan partisipasi dari seluruh pihak terutama masyarakat Desa Banyakan dan sekitarnya untuk terus berusaha dalam bidang peternakan dan sesuai dengan Tugas dan Fungsi DKPP kami siap mensuport terutama dengan majunya teknologi-teknologi di bidang peternakan.

Untuk perkembangan ternak di Kabupaten Kediri di tengah semester 2017 dari data di tahun 2016 mengalami peningkatan, kalua di tahun 2016 pada pertengahan semester hampir 200 ribu untuk sapi potong, dan untuk pertengahan semester 2017 ini sekitar 212 ribu sapi potong. Sedangkan untuk kambing sekitar 19 ribu, sungguh kenaikan yang sangat luar biasa jadi kita bisa terpenuhi kebutuhan akan supley bahan daging sapi dan kambing untuk Kabupaten Kediri.

EKSPO SAPI 4

Dengan kemajuan dari para peternak baik sapi maupun kami kami tidak menambah stok akan kebutuhan daging dari luar Kabupaten Kediri, artinya populasi di Kabupaten Kediri sudah sangat mencukupi, kami berharap untuk pelaku usaha juga peternak untuk tetap semangat juga berupaya untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi saat ini. Harap Tutik.

Sebagai undangan khusus juga ketua juri Kontes ternak Drh. Trilas Sardjito juga termasuk Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya mengatakan bahwa kami bertiga sebagai juris elain saya ada Bapak Salijo dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Bapak Rohmad dari Universitas Islam Kadiri.

EKSPO SAPI 6

Kami bertiga akan melakukan penjurian, ada beberapa kriteria yaitu ada kriteria ekstreem dengan kategori hanya berat-beratan badan jadi berbobot yang berat itulah yang menang. Juga dibedakan kereman sapi lokal, calon kereman sapi lokal, pedet sapi lokal, kereman sapi crossing, calon kereman sapi closing, pedet sapi crossing, calon induk hasil IB (Inseminasi Buatan), Induk hasil IB, induk sapi lokal dan calon induk sapi lokal. Ini yang akan kita lombakan. Terang Trilas.

Adapun yang kita nilai garis besarnya yaitu kwantitatif yang teukur panjang tubuh, tinggi tubuh, lebar pinggul bagi yang betina, untuk yang jantan lebarnya lingkat testis, keserasian tubuh sebagai ukuran terpadu, bagaimana dengan dewan juri melihat bagaimana mengenai kepala, fungsi dari testisnya kalua nanti jadi pejantan, warna kulit dan kesehatan kulit.

EKSPO SAPI 5

Untuk kriteria-kriteria tadi yang cocok masa umur berapa, untuk calon induk betina ada batasan yang bagus jangan sampai lebih dari poel 2 sekitar 3 tahun. Jadi harus dibawah 3 tahun karena calon, yang paling bagus pada umur 1 tahun bisa bunting, poel 1 sudah bisa punya anak. Karena betina reproduksi akan kita cek, yang menang mestinya yang reproduksinya bagus, untuk reprosduksi ditunjukan dengan kebuntingan. Imbuhnya. (Kominfo, Yrpd, Ans, Wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner