Sabtu, 16 Desember 2017

Desa Panjer Plosoklaten, Sentra Produksi Coklat Kabupaten Kediri

Hari kedua (06/9) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri melaksanakan pembinaan pembentukan griya coklat kepada para pelaku UMKM di desa Panjer Kecamatan Plosoklaten. Berbeda dengan hari sebelumnya pelatihan kemasan produk, kali ini fokus pada pengolahan produk UMKM berbahan baku coklat yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Panjer.

coklat panjer 3Sebanyak 40 peserta dengan sangat antusias mengikuti pelatihan membuat brownis, minuman berbahan coklat, permen coklat dll. Setiap orang mendapat tugas sendiri-sendiri ada yang bertugas membuat adonan, ada yang melelehkan coklat ada pula yang mengaduk telur dan lain sebagainya, terlihat sangat kompak dan penuh semangat menyerap ilmu yang diberikan.

Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno juga hadir mengunjungi para pelaku UMKM yang sedang sibuk mengolah coklat. Bentuk apresiasi ibu Bupati Kediri kepada UMKM Kabupaten Kediri agar lebih maju dan terus berkreasi menciptakan produk-produk yang berkualitas berdaya saing yang tinggi.

coklat panjer 1Drs. Tunggul Adi Wibowo Kasi Kemitraan dan UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri menjelaskan maksud dari kegiatan hari ini adalah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Kediri mendukung menciptakan para UMKM pembuat coklat bagaiman membuat homebase sebagai rumah produksi agar desa Panjer dikenal dengan sentra produksi coklat.

Hal ini akan mampu mendongkran perekonomian warga sekitar desa Panjer, jika para pelaku UMKM ini bisa memanfaatkan potensi yang ada didesanya. Jika diproduksi dan dikemas dengan baik coklat yang ada disekitar sini pasti sangat menguntungkan dan memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran. Harapan kedepannya desa Panjer akan menjadi ikon Kabupaten Kediri sebagai penghasil produksi coklat.

coklat panjer 2Kenapa kami memilih coklat sebagai bahan dasarnya, karena tanaman kakao diwilayah Kabupaten Kediri sangat luas dan cukup untuk membuat coklat yang mendukung produksi coklat di desa ini. Setelah kita produksi sekarang bagaimana kita memasarkannya, yaitu dengan cara mengikutkannnya pameran untuk promosi, menjualnya ke pusat-pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Kediri. Terang Tunggul.(Kominfo/lks,yda,wk)

Add comment


Security code
Refresh