Kamis, 21 September 2017

Harganas Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berkualitas

Selasa, 5 September 2017, suasana di Taman Wisata Sumber Ubalan berbeda dari biasanya. Ratusan ibu-ibu berkumpul dan menyemarakkan kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi di wana wisata yang terletak di Kecamatan Plosoklaten tersebut. Mereka adalah para kader KB se-Kabupaten Kediri yang hadir pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXIV Tahun 2017 Kabupaten Kediri. Selain para kader, hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ketua TP PKK Kab. Kediri, Kepala DP2KBP3A dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

harganas 1

Membacakan sambutan Bupati Kediri, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Koessetyanti menyampaikan bahwa keluarga yang berkualitas perlu diwujudkan dalam masyarakat karena keluarga punya peranan yang sangat penting dalam upaya memantabkan ketahanan nasional, dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki arti yang sangat penting dalam pembangunan bangsa karena keluarga menjadi tempat pertama dan utama dalam membentuk karakter generasi penerus. Untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam membentuk generasi yang unggul berdaya saing, berbudi pekerti dan berakhlak santun,” tutur Ir. Koessetyanti.

harganas 5

Tema Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini adalah “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berkualitas”. Rangkaian Harganas di Kabupaten Kediri diawali dengan pelayanan Safari KB dimana diberikan juga penghargaan bagi capaian terbanyak baik kategori Penyuluh KB, Puskesmas maupun Kader KB.

Kegiatan di Sumber Ubalan sendiri diawali dengan pelaksanaan apel yang dilanjutkan dengan senam bersama. Dengan antusias, 344 orang kader KB mengikuti senam yang dipandu oleh instruktur. Diantara peserta bahkan ada yang tengah hamil, ada pula yang sudah berusia lanjut. Namun kondisi tersebut tak menyurutkan semangat mereka mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan, termasuk games dan outbound.

harganas 4

Seperti sosok Sukarmiharjo, perempuan berusia 83 tahun ini merupakan kader yang turut serta dalam kegiatan Peringatan Harganas. Meski tak lagi muda, nenek dari Desa Gedangsewu Kec. Pare tersebut terlihat energik dan tak kalah dengan peserta lainnya. “Saya menjadi kader sejak mulai ada KB, kira-kira usia 16 tahun. Sampai sekarang saya masih mengabdi untuk mencari akseptor-akseptor KB. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, meski sudah tua tapi saya tetap semangat mendukung pemerintah menyukseskan program KB,” urainya dengan tersenyum.

Seusai senam, selanjutnya diselenggarakan lomba-lomba yang diikuti para kader, yaitu lomba Peragaan Alat Peraga Edukatif (APE), lomba Komunikasi Efektif dengan Remaja dan lomba Penyuluhan Materi Bina Keluarga Lansia (BKL). Kriteria yang dinilai pada tiap lomba meliputi materi yang disampaikan, bahasa dan waktu. Di akhir acara dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba oleh Kepala DP2KBP3A Kab. Kediri, Dra. Wuryandari Josep, M.Si. (Kominfo/tee, yrpd, fz, wk)

harganas 6

Daftar Pemenang Lomba:

Lomba Peragaan APE

Juara 1: Nurhatul dari Kec. Gurah

Juara 2: Budi Utami dari Kec. Kepung

Juara 3: Kususiyah dari Kec. Ringinrejo

Lomba Komunikasi Efektif dengan Remaja

Juara 1: Mudrofin dari Kec. Ngasem

Juara 2: Sudarti dari Kec. Grogol

Juara 3: Etik dari Kec. Kras

Lomba Penyuluhan BKL

Juara 1: Heny Fitriyah dari Kec. Banyakan

Juara 2: Sundari dari Kec. Kras

Juara 3: Karyani dari Kec. Plemahan