Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Praktek Kemasan Produk Tingkatkan Nilai Jual Produk UMKM

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar acara Praktek Kemasan Produk UMKM. Acara tersebut diikuti 40 peserta dan digelar di Gedung IKM Kecamatan Papar, Selasa (5/9).

UMKM Bangkit 4Pelatihan tersebut diadakan selama 2 hari dengan menghadirkan pembicara dari pelaku UMKM yang telah mampu menembus pasar ritel di luar Kabupaten Kediri. Pada kesempatan ini memfokuskan pada pelatihan pembuatan kemasan produk UMKM agar lebih menarik, sehingga produk UMKM tersebut laris dipasaran.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrino yang hadir dan menyaksikan para pelaku UMKM berlatih membuat kemasan yang bagus.Dengan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Perdagangan Ir. Didi Eko Tjahjono, MM dan Drs. Tunggul Adi Wibowo Kasi Kemitraan dan UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.

UMKM Bangkit 2Pada Kesempatan tersebut Plt Kepala Dinas Perdagangan mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM agar hasil produksi yang telah mereka hasilkan memiliki kemasan yang menarik dan memiliki daya saing yang bagus dipasaran. Melihat semakin banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Kediri kegiatan ini sangat pas jika dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Di IKM Papar sendiri kami sudah memilki alat Packaging yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Dengan alat tersebut nantinya dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Pelaku UMKM bisa membuat kemasan yang baik, mampu menari daya beli konsumen. Selain itu juga jika mampu membuat kemasan sendiri akan menekan harga produksi dan meningkatakan perekonomian pelaku UMKM.” Terang Didik.

UMKM Bangkit 1Dalam pelatihan tersebut para pelaku UMKM mendapatkan ilmu dari para Narasumber, selain narasumber Tunggul Adi Wibowo selaku Kasie Kemitraan dan UMKM juga membagikan ilmunya kepada UMKM. Dengan luwes dan pengalamannya berkecimpung di dunia UMKM membagikan wawasannya tentang kemasan produk.

Ali Sodikin dari Ringinrejo, salah satu peserta pelatihan mengatakan senang sekali mendapat pelatihan dari Pemerintah Kabupaten Kediri tentang bagaimana mengemas produk agar berpenampilan menarik. Sebelum mendapat pelatihan seperti ini dulunya saya hanya seadanya saja dalam mengemas produk saya dan hasilnya pun kurang diminati oleh konsumen.

UMKM Bangkit 3“Selama tujuh tahun kami bergelut dalam dunia UMKM sekarang sudah memiliki kemasan yang bagus. Dulu dan sekarang dengan kemasan yang lebih bagus ternyata konsumen lebih tertarik dengan kemasan yang bagus. Hasil penjualan saya saat ini juga semakin meningkat.” Terang pelaku usaha tahu kuning dan sale pisang ini. (Kominfo/tj,yd,lk,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner