Monday, 20 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Menggali Potensi Peninggalan Sumber Banyu Londho.

Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten memang sudah terkenal terutama Sentra Ikan Koi dan juga mempunyai Depo Koi. Satu persatu kita akan menggali potensi yang ada di Desa Pranggang yaitu peninggalan Sejarah Jaman Penjajahan Belanda berupa sumber air. (27/8)

SUMBER DAWUNG 4

Sebetulnya lokasi untuk menuju ke Sumber Air Londho dengan warga setempat diberi nama “Sumber Dawung” tidak terlalu jauh dari jalur protocol Kecamatan Plosoklaten menuju arah Ke Pare atau tepatnya sekitar 2 KM dari Kantor Desa Pranggang, akses jalanpun sangat mudah dan bisa di lewati dengan roda empat.

Kepala Desa Pranggang Mashari dengan setia mengantar Tim Peliputan Dinas Kominfo menuju ke Sumber Dawung, tampak di kejauhan terdengar celoteh dan gurouan riang anak-anak mandi juga ada yang mencuci pakaian.

SUMBER DAWUNG 1

Mashari menceritakan bahwa sumber air peninggalan Jaman Penjajahan Belanda ini sudah ada sejak saya lahir, kenapa dinamakan Sumber Dawung karena berada di Dusun Dawung, cerita punya cerita melihat banyak sekali pipa berukuran lumayan besar, dulu sumber air ini juga untuk mengaliri sebuah pabrik dan sekarang pabriknya sudah tidak produksi lagi.

SUMBER DAWUNG

Tendon penampungan yang sangat kuat juga kolam-kolam air apalagi didalam tendon bisa kita lihat ada 3 shaf termasuk untuk penyaringan sumber air yang tidak pernah kering walaupun musim kemarau, terang Mashari.

Dengan ukuran tendon penambungan sekitar 5 x 4 m2, pintu besi yang kuat sumber air ini sekarang disamping untuk mandi dan mencuci juga untuk irigasi lahan pertanian warga Desa Pranggang, bisa kita lihat airnya jernih dan adem, siapapun kalau datang pasti ingin mandi dan berlama-lama di Sumber Dawung ini.

SUMBER DAWUNG 3

Banyak sudah yang datang ke sini untuk mandi termasuk tamu dari Surabaya setiap Lebaran pasti mandi di sini. Rencana kedepannya dengan dana dari Alokasi Desa saya berencana akan membangun dan mempercantik Sumber Dawung, syukur-syukur ada Donatur yang tergerak hatinya ikut membangun, dukungan dari semua pihak juga Pemerintah Kabupaten Kediri sangat kami harapkan.

Apalagi Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno sangat mendukung dan selalu memberikan wejangan untuk terus menggali potensi yang ada di Desa dan menghidupkan kembali sumber air-sumber air, yang nantinya bisa sebagai obyek wisata dan bisa menambah laju pertumbuhan perekonomian warga Desa Pranggang. Katanya

SUMBER DAWUNG 2

Di sekitar Sumber Dawung masih banyak sekali sumber-sumber mata air yang membludak, ini bisa kami manfaatkan untuk wisata air, untuk wahana pemandian dan mencuci tetap kita gunakan Cuma akan kita buatkan sendiri tempatnya, monggo bagi yang ingin mandi atau menikmati alam di Sumber Dawung yang masih asri silahkan datang tampa di pungut biaya. Terang Mashari (Kominfo, Yrpd, Yda, Ans, Wk).

Add comment


Security code
Refresh

banner