Kamis, 17 Agustus 2017

Potensi 34 Milyar Rupiah Dari Budidaya Cupang

Kabupaten Kediri begitu banyak memiliki potensi dalam pengembangan bidang perikanan. Selain potensi seperti ikan konsumsi dan ikan koi, juga salah satu potensi yang belum banyak diketahui adalah budidaya ikan cupang atau beta.

cupang 1Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Perikanan, Nur Hafid, saat ditemui Kominfo dalam acara National Beta Kontes di Balai Benih Ikan Jalan Puncak Jaya II Pare, Minggu (13/8). Acara tersebut pada hari pendaftaran kemarin, Sabtu (12/8) dihadiri pula oleh Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno.

Disampaikan oleh Nur Hafid, Kabupaten Kediri setiap tahunnya dari hasil budidaya menghasilkan 81 juta ekor ikan cupang. Lokasi Sentra budidaya di Kecamatan Ngadiluwih, Gurah, Badas, Plosoklaten, Kandat, dan Kras.

cupang 2"Nilai potensi omsetnya sekitar 34 milyar rupiah per tahun. Ikan cupang dari Kabupaten Kediri rutin memasok kebutuhan di jawa dan luar jawa sebagai misal poktan sempulur dari Gurah rutin memasok ke kalimantan. Ini membuktikan nilai ekonomianya tinggi, dan terbukti ikut mengangkat kesejahteraan masyarakat." Tutur Hafid.

Berangkat dari hal itu hafid memandang penting adanya event nasional beta kontes diselenggarakan Pemkab Kediri melalui dinas perikanan. Selain untuk wadah bertemunya sesama pembudidaya cupang juga sebagai media promosi kepada luar daerah sehingga pada akhirnya meningkatkan jangkauan pasar ikan cupang dari Kabupaten Kediri.

cupang 3"Ini sudah gelaran event yang ke IV. Kegiatan rutin diadakan setiap tahun. Yang tahun kemarin masih tingkat regional Dan tahun ini menjadi national." Kata Hafid.

"Tujuannya sebagai media sikaturahmi pembudidaya. Sehingga saling bertujar ilmu dalam budidaya cupang. Selain itu agar potensi ikan cupang sebanyak 81 juta ekor di kabupaten kediri ini dapat dimaksimalkan. sehingga bisa membuat semangat para pembudidaya." Imbuh Hafid. (Kominfo/yda,usman,wk)

Add comment


Security code
Refresh