Kamis, 17 Agustus 2017

Kabupaten Kediri Siap Sukseskan Swasembada Jagung

Bupati Kediri, dr. Hj Haryanti Sutrisno, menghadiri panen raya jagung di Desa Badas, Kecamatan Badas, Kamis (3/8). Hadir pula dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Kapolres Kediri dan Komandan KODIM 0809 Kediri.

panen jagung badas 2

Plt. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, menyampaikan atas peran semua pihak, komoditas jagung Jawa Timur mengalami kenaikan 274 ribu ton. Secara keseluruhan menyumbang 32 persen bagi kontribusi jagung nasional.

“Prestasi ini menjadikan jagung kebanggaan Jawa Timur. Terima kasih kepada petani, pemerintah daerah dan instansi terkait POLRI dan TNI atas capaian positif ini. Khususnya bagi Kabupaten Kediri yang merupakan sentra pertanian jagung,” terangnya.

panen jagung badas 4Dijelaskan lebih lanjut oleh Hadi, jagung adalah komoditas strategis. Dimana kegunaannya beragam mulai pangan, industri, medis, hingga energi. Permintaan akan semakin tinggi dikarenakan pertambahan jumlah penduduk dan kebutuhan industri.

“Sehingga perlu kita perlu tingkatkan produktivitas, tidak impor dan menjadi swasembada jagung. Terlebih gaya hidup sekarang juga berubah dengan kesadaran kalori jagung lebih baik daripada beras. Sehingga pemerintah kini membuat program intensifikasi dan ekstensifikasi yang berkelanjutan,” imbuh Hadi.

panen jagung badas 1Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, menyampaikan terima kasih kepada tim poksus padi jagung dan kedelai yang telah bekerja keras dalam mewujudkan pertanian jagung di Kabupaten Kediri mengalami kemajuan dan peningkatan.

“Kabupaten Kediri siap sukseskan swasembada jagung. Kini mari kita benahi penanganan pasca panen agar produktivitas lebih optimal. Misal "janggel"itu jangan dibuang nanti bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Kita membentuk tim dari BUMD yang akan membeli janggel jagung yang akan kita jadikan bahan pakan ternak dan pakan ikan,” tuturnya.(Kominfo/yda/lks/wk)

Add comment


Security code
Refresh