Kamis, 17 Agustus 2017

Ayo Selamatkan Anak dari Campak dan Rubella

Pemerintah telah menetapkan bulan Agustus dan September 2017 sebagai bulan kampanye imunisasi Campak/Measles-Rubella (MR) di seluruh provinsi di Pulau Jawa. Hari ini Selasa (1/8), Pemkab Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mulai menggelar imunisasi ini secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Kediri. Pencanangan imunisasi MR dilaksanakan di MI Darul Falah Ngrangkok, Klampisan Kecamatan Kandangan dan dihadiri oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kediri dr. Adi Laksono, MMRS., serta jajaran Muspika Kandangan.

campak 1Disaksikan para murid MI Darul Falah, Bupati Haryanti kemudian melepaskan balon sebagai tanda dimulainya pemberian imunisasi. Bupati Kediri yang juga seorang dokter ini pun berkesempatan memberi suntikan imunisasi kepada salah satu murid MI Darul Falah. Dengan tenang, sang bocah mengulurkan lengan dan menerima suntikan dengan tersenyum. Tak tampak ekspresi kesakitan atau takut di wajahnya. Puluhan temannya pun mengikuti di belakang, mengantri untuk mendapatkan imunisasi.

“Campak-rubella merupakan penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kematian. Dengan pelaksanaan imunisasi diharapkan dapat menghapus kasus campak-rubella dan komplikasinya di wilayah Kabupaten Kediri,” terang Bupati Haryanti.

campak 4Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Adi Laksono, MMRS. menyampaikan bahwa imunisasi diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Pemberian imunisasi ini dapat mencegah penyakit campak dan rubella, dimana pemerintah pun mentargetkan tahun 2020 Indonesia bebas penyakit campak dan rubella.

Campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian. Sedangkan rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Namun bila menular kepada ibu hamil pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

campak 3“Dalam dua bulan kedepan, sebanyak ±370 ribu anak usia 9 bulan hingga 15 tahun akan mendapatkan imunisasi secara gratis. Vaksin yang diberikan juga aman, seperti imunisasi lain yang diberikan pada anak-anak selama ini. Untuk itu mari kita sukseskan bersama imunisasi campak-rubella di Kabupaten Kediri, untuk menjaga agar anak tetap sehat” ajaknya.

Selain ke MI Darul Falah, Bupati Kediri juga mengunjungi SD Bendo 1 Pare untuk memantau pemberian imunisasi campak-rubella. Beliau menyaksikan antrian murid kelas 5 yang akan mendapatkan imunisasi. Beberapa anak tampak memalingkan muka ketika petugas mulai memegang jarum suntik, namun sesaat kemudian mereka tersenyum lega saat suntikan selesai dilakukan.

campak 2Yang menarik, hadiah berupa peralatan sekolah diberikan Bupati Kediri kepada para murid yang bisa menjawab pertanyaan. Dengan antusias dan berani, bocah-bocah tersebut maju dan menjawab pertanyaan seperti siapa nama Presiden RI, nama Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kediri, tempat wisata dan jumlah kecamatan di Kabupaten Kediri.(Kominfo/tee,yda,lks,wk)