Tuesday, 25 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Batik Kabupaten Kediri Semakin Kreatif dan Inovatif

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri telah usai sekitar satu minggu yang lalu. Dari sekian banyak kegiatan yang menarik, ada salah satu lomba yang patut mendapat apresiasi tinggi yaitu lomba Kreasi Busana Batik.
batik 1
Ratusan pasang mata menjadi saksi pada grand final lomba Kreasi Busana Batik dalam rangkaian acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Berlangsung di panggung 3 pekan budaya tepatnya di area "Kediri Street Food" atau di depan Taman Hijau SLG, acara tersebut diikuti sekitar 50 peserta dari perwakilan kecamatan se-Kabupaten Kediri dan perwakilan UMKM Batik.
Dalam pentas kreatifitas lomba Kreasi Busana Batik ini diambil 10 pasang finalis pria dan wanita yang mendapatkan sertifikat. Bagi Juara 1,2,3 dan nominasi motif terbaik juga mendapat trophy, uang pembinaan dan piagam. Dalam acara ini juga didatangkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya yaitu Dra. Dyah Saktina (pemerhati busana), Eliana Nur Elisa (pengrajin batik) dan Iwan Kurniawan Diningrat (desainer busana).
Berbagai motif corak khas Kabupaten Kediri serta kreatifitas desain peserta lomba ditampilkan. Mulai dari model busana office look sampai evening gown ikut memeriahkan acara ini. Salah satu peserta nomor urut 21 yaitu perwakilan dari batik "Esri Gurah" mengambil tema "Padma Panji (Lotus Mekar). Tema tersebut menceritakan sejarah Kabupaten Kediri yaitu kisah "Panji Asmara Bangun" yang digambarkan sebagai seorang pria yang tegas, dermawan dan bijaksana. Padu padan busana warna merah kombinasi hitam pun semakin menambah elegan.
batik 2
Setelah melalui penilaian, para juri akhirnya menentukan para juara. Pada kategori busana pria, Juara 1 dari Batik Citakka Dhomas, Juara 2 juga diraih batik Citakka Dhomas dan Juara 3 dari perwakilan Kecamatan Papar. Sedangkan kategori busana wanita, Juara 1 diraih Kecamatan Plosoklaten, Juara 2 dari Citakka Dhomas dan Juara 3 dari Aura batik. Untuk kategori motif terbaik berhasil dimenangkan oleh Aura Batik.
Salah satu juri lomba kreasi busana batik Iwan Kurniawan Diningrat yang merupakan alumni sekolah etika dan kepribadian "John Robert Powers" Surabaya menyampaikan, kriteria penilaian bukan hanya dari motif dan desain tapi juga dari kesopanan serta keserasian antara busana dengan kesesuaian aksesoris serta make up.
Hal senada disampaikan Dra. Dyah Saktiana. Sebagai pemerhati busana ia menyampaikan harapannya terkait penyelenggaraan acara tersebut. “Dengan diadakannya event ini semoga juga menjadi sosialisasi bagi masyarakat Kediri dan sekitarnya tentang batik khas Kediri. Begitu juga bagi pengrajin batik agar lebih memahami soal desain, konsep dan kombinasi," terangnya.
batik 3
Pada kesempatan lain Ermawati Dwi Retnani pemilik sanggar Aura Batik menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberi dukungan dan kesempatan untuk mengembangkan usahanya. “Kepada Pemerintah Kabupaten Kediri khususnya kepada Ibu Bupati Kediri, saya berterima kasih karena telah banyak membantu dan mensupport kami untuk lebih maju dan berkembang,” kata perempuan 40 tahun tersebut.
Saat ditemui di rumahnya di Jln. Slamet Riyadi Gang Sukun Desa Semen Kecamatan Semen (31/7), Ermawati juga menceritakan keikutsertaannya pada Pekan Budaya dan Pariwisata 2017. “Kami menempati stand secara gratis dan diberi kebebasan untuk terus berkreasi membuat batik yang bermotifkan khas Kabupaten Kediri. Dengan mengikuti Pekan Budaya dan Pariwisata 2017, batik produksi kami bisa lebih dikenal oleh seluruh masyarakat baik dari wilayah Kabupaten Kediri maupun luar daerah Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Lomba Kreasi Busana Batik sukses digelar dan melahirkan juara-juara dari berbagai kategori. Namun yang tidak kalah penting, lomba tersebut menjadi ajang bertukar fikiran dan saling memberikan masukan serta saran antar para pengrajin batik, yang tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas batik khas Kabupaten Kediri. (Kominfo/evy,tee,lks,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner