Kamis, 17 Agustus 2017

Walikota Kagoshima Jepang “Ngangsu Kaweruh” Erupsi Gunung Kelud.


Kunjungan kerja Walikota Kagoshima Jepang dengan membawa sekitar 10 orang rombongan di Wisma Tamu Kabupaten Kediri mewakili Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, yaitu Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Randy Agatha Sakaira, SIP, M.Si menyambut hangat rombongan dari Kota Kagoshima.

JEPANG 2

Tampak hadir Muspika Kecamatan Ngancar, Kepala Pos Pantau Gunung Kelud, Kepala Desa Se Kecamatan Ngancar juga dari Bakesbangpol Kabupaten Kediri.Kunjungan Kerja Walikota Kagoshima bersama rombongan karena akan study banding tentang pengamanan dan penanganan gunung merapi.

Dalam sambutannya Randy menyampaikan permintaan maaf dari Ibu Bupati Kediri dan Bapak Wakil Bupati Kediri karena ada tugas yang tidak bisa di tinggalkan, dan mengucapkan selamat datang di Bumi Panji Kabupaten Kediri, serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungan dari Bapak Walikota Kagoshima dan rombongan.

JEPANG 4

Kunjungan ini untuk bertukar tiwuh atau bertukar pengalaman dalam hal penanggulangan bencana, yaitu penanggulangan bencana Gunung Api, atau erupsi gunung api. Sebagaimana kita ketahui bahwa di Kabupaten Kediri ini mempunyai gunung merapi namanya Gunung Kelud yang baru erupsi pada tanggal 13 Februari 2014 lalu.

Yang mungkin membuat tertarik dari Bapak Walikota Kagoshima tentang tanggap darurat saat terjadinya letusan atau erupsi terakhir tersebut. Yang mana dalam penanggulangan dan penanganannya tidak ada korban jiwa sama sekali. Bahkan dampak dari muntahan erupsi Gunung Kelud sampai di Kota Kagoshima.

Salah satu yang kita lakukan dengan melalui tahapan-tahapan penanggulangan bencana yaitu kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Yang kami harapkan tentunya dengan adanya pertemuan ini nanti kita bisa saling bertukar pengalaman dalam penanganan bencana khususnya gunung api. Paling tidak kita bisa meminimalisir dari dampaknya.

JEPANG 3

Terutama kita bisa menyelamatkan jiwa, atau kita bisa menghindari korban jiwa, pada prinsifnya bencana itu tidak bisa kita tolak, tetapi dengan kita waspada dan siaga semuanya bisa teratasi dan tanpa ada korban jiwa, dengan adanya pertemuan ini kita bisa menambah pengalaman sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

Walikota Kagoshima Jepang Mr. Hiroyuki More dalam Bahasa Jepang dan diterjemahkan memperkenalkan diri juga menyampaikan terimakasih karena sudah di terima dengan ramah di Kabupaten Kediri. Kami juga membawa teman-teman untuk belajar bagaimana caranya penanggulangan dan penanganan bencana gunung merapi.

Karena di daerah kami Kota Kagoshima juga terdapat gunung berapi Sukorajima yang masih aktif. Tahun 2016 kemaren baru meletus hingga menyemburkan abu sejauh 2 km, lautan lava keluar hampier mendekati pusat pembangkit nuklir sendai.

JEPANG 1

Dengan belajar banyak dari pengalaman letusan gunung kelud, kami akan bawa pulang ke Kagoshima sebagai bahan reverensi pembelajaran untuk penaggulangan dan penanganan bencana gunung merapi Sukorajima. Kami acungi jempol untuk penanganan bencana gunung berapi Kelud di Kabupaten Kediri. Kata Mr.Hiroyuki disambut tepuk tangan hadirin.

Acara dilanjutkan dengan bertukar cindera mata dan paparan atau pembahasan tentang kesiapsiagaan Kabupaten Kediri menghadapi letusan Gunung Kelud. (Kominfo, Yrpd, Fz, Wk)

Add comment


Security code
Refresh