Kamis, 17 Agustus 2017

Hari Pertama Job Market Fair di Serbu Ribuan Peminat Kerja.

Ratusan hinggga mencapai ribuan orang memasuki Gedung Convention Hall Kecamatan Ngasem, mereka datang sejak pukul 07.00 WIB dan menunggu acara resmi Pembukaan, mereka mengisi formulir yang sudah disediakan oleh Panitia.

JOB FAIR 2

Kegiatan yang mampu menyedot ribuan pengunjung tersebut antara lain, diadakannya Bursa Kerja atau Job Market Fair Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri menyelenggarakan kegiatan yang sangat dinanti oleh para pencari kerja.

Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno dan sekaligus membuka penyelenggaraan Bursa Kerja atau Job Market Fair antara lain beliau menyampaikan ucapan Alhamdulilah karena kita bisa memfasilitasi dari anak-anak kita untuk bisa mencari pekerjaan sebagaimana yang kami harapkan.

Mudah-mudahan dalam tugas yang mulia ini benar-benar di Ridhoi oleh Allah SWT. Negeri kita ini terdapat jumlah penduduk yang banyak, sejalan dengan pertumbuhan jaman, sesuai dengan analisis para ahli ekonomi dengan kebijakannya memasuki tahun 2030 – 2040 kita mendapatkan boros demografi, dalam artian usia masyarakat produktif lebih banyak dari pada usia yang non produktif. Jelasnya.

JOB FAIR 3

Artinya ini semua berkat Tuhan yang luar biasa, kemudian dipandu dan di dukung oleh sumber daya alam yang luar biasa juga, dengan tenaga yang kompeten maka ahli ekonomi dunia ini memperkirakan pada tahun 2045 di Dunia hanya ada 3 (tiga) kekuatan besar, yaitu Negara Indonesia, Cina dan Arab Saudi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa ini artinya bahwa Indonesia merangkak kedepan ada semacam kekuatan yang sangat luar biasa di bumi ini. Belum lagi sumber daya alam kita yang konon hasil Riset, bahwa kekayaan dunia sebagai sumber energy, ada sekitar 40 persen ada di Negeri kita ini. Dan ini bukan omong kosong, dengan adanya daerah yang subur dengan tanaman pertanian hanya 27 persen luasnya di bumi ini.

Dari 27 tersebut 11 persen ada di Indonesia, belum lagi yang berasal dari Laut dan pertambangan lainnya. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Kediri berkesempatan melaksanakan Bursa Tenaga Kerja merupakan langkah yang strategis dan ibadah yang luar biasa. Karena kita tahu angka pencari kerja setiap tahunnya semakin tambah sementara lapangan pekerjaan belum secepat pertumbuhan pencari kerja.

JOB FAIR 4

Oleh karena itu kita harapkan dengan pelaksanaan bursa kerja atau Job Market Fair ini, bisa membawa dampak yang positif, bagi anak-anak kita yang mencari kerja, hanya saja kedepannya saya mohon, Pra bursa kerja ini ada semacam pendataan, dari masing-masing user atau perusahaan, perbankkan, perkoperasian ini membuat suatu analisis kebutuhan tenaga kerja, kemudian disampaikan kepada DInas Ketenagakerjaan Kabupaten Kediri, setelah itu akan kita sampaikan kepada Pak Camat dan juga Kepala Desa.

Sehingga pra pelaksanaan ini ada informasi yang sudah didapat para anak-anak kita, yang sedang mencari pekerjaan, dan sudah menyiapkan diri dengan syarat-syarat sesuai dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, jadi kita bisa terima sebelum pelaksanaan. Bisa juga sebagai evaluasi saya harapkan adanya laporan kepada kami, tentang hasil Job Market Fair contohnya adanya laporan yang daftar sekian dan diterima sekian. Harap Masykuri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri Ir. Dwi Hari Winarno, Sp. PSDA menyampaikan laporan bahwa Kabupaten Kediri dengan Jumlah Penduduk 1.500 .209 jiwa, untuk tahun 2016 angkatan kerja kita sebesar 809.017 jiwa, yang mempunyai kesempatan untuk lowongan kerja kita sebesar 769.061 jiwa. Dengan demikian yang tidak terserap sebesar 40.011 orang.

JOB FAIR 1

Berarti tingkat pengangguran kita sebesar 4,95 persen. Angka 4.95 ini masih lebih tinggi dari TPT Provinsi yaitu 4.14 persen, ini menjadi PR kita bersama. Dengan angka pengangguran 40.011 jiwa ini menandakan ketidak seimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Lapor Dwi.

Johni dan Rama dari Kediri merasa sangat terbantu dengan adanya Job Market Fair atau Bursa Kerja dan baru pertama kali ini saya mengikuti, hal ini benar benar bermanfaat sekali bagi teman-teman yang mencari kerja dan membutuhkan pekerjaan. Sebetulnya banyak sekali teman-teman yang ingin tahu hal seperti ini.

Alhamdulilah tanggal 26 ini diadakan juga Job Fair Tingkat Kabupaten Kediri, bagi teman-teman yang ingin mencari pengalaman bisa datang di Convention Hall, bagaimana rasanya sensasi mencari kerja, dari obrolan sesame teman mereka sangat antusias sekali dan benar-benar membutuhkan kerja dan berharap bisa diterima di salah satu perusahaan yang dipilih. Kata Jhoni dan Rama.

JOB FAIR 5

Saat ini ada sekitar 63 Perusahaan yang siap merekrut tenaga kerja dengan Qualifikasi ijazah SD 200 orang, SMP 124 orang, SMA Sederajat 1.518 orang, SMK Sederajat 90 orang, ijazah SMA/ SMK Sederajat 756 orang, D1 10 orang, D3 Sederajat 138 orang dan S1 sebanyak 156 orang. Acara digelar selama 2 hari mulai hari ini 26 sampai 27 Juli 2017. Silahkan datang di Convention Hall buka dari pukul 07.00 s/d 16.00 WIB. (Kominfo, Yrpd, Fz, Ans, Wk).

Add comment


Security code
Refresh