Kamis, 21 September 2017

Desa Joho Menuju Desa Wisata Andalan Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri terdiri dari 344 desa yang beberapa diantaranya memiliki poten-potensi yang layak untuk digali dan dikembangkan menjadi desa wisata. Salah satunya adalah desa joho yang memilki tempat wisata begitu indah yaitu wisata sumber Podang. Sumber podang terletak dilereng gunung wilis alamnya masih asri, sejuk dan warganya pun begitu ramah terhadap pengunjung.

desa wisata 1Ada yang berbeda pada Pekan Budaya dan Pariwisata pada tahun ini, 9 desa yang memiliki potensi wisata, seni budaya dan UMKM ikut serta meramaikan event akbar tersebut salah satunya desa Joho kecamatan Semen.

Untuk mempromosikan potensi yang ada di desannya Deddy Saputra, S.Km Kepala Desa Joho mengisi stand dengan paket wisata beserta produk madu asli Sumber Podang milik Sunarwan. Selain itu juga dipamerkan musik tradisional lesung yang sudah mulai punah diera modern seperti ini.

desa wisata 2Setiap hari musik lesung tersebut ditabuh dengan irama yang sangat khas, serasa berada disuatu pedesaan bernuansa alam yang masyarakatnya sedang memanen padi. Hal itulah yang mulai diangkat oleh kepala desa Joho agar seni dan budaya seperti ini tetap lestari sampai kapan pun.

Saat ditemui distand Pekan Budaya dan Pariwisata Dedy saputra (21/7) mengatakan saat ini desa joho sudah mulai berbenah dengan memfokuskan ke sektor pariwisata. Kenapa kami sangat getol mengangkat sector ini, karena desa Joho sudah ada Wisata Sumber Podang yang sudah terkenal, dari situlah kami ingin menambah obyek-obyek wisata agar dapat menarik minat pengunjung datang kesini.

Untuk menunjang desa wisata Joho, saya dengan melibatkan karangtaruna dan warga sekitar sudah mengembangkan taman bunga yang kami beri nama Wisata Alam Sumber Podang. Selain itu kami juga menyediakan paket wisata yang sudah mulai banyak peminatnya.

Satu paket wisata tersebut saya mematok harga Rp. 250.000,- per orang yang terdiri dari kesenian jaranan, kesenian musik bambu, kesenian musik lesung, kerajinan musik bamboo, kerajinan janur, kerajinan bamboo, edukasi lebah madu, out bond.

Dengan berkembangnnya wisata di desa Joho pastinya akan mampu mengangkat perekonomian warga sekitar. UMKM seperti Madu Sumber Podang dan Kripik pisang Joho semakin laris dipasaran. Selain itu, warung-warung pedagang makanan khas tiwul goreng dan nasi ampok jagung juga laris manis setiap libur akhir pekan tiba.

Warga yang dari luar kota pun tidak perlu bingung lagi mau menginap dimana, karena warga kami sudah menyiapkan homestay yang bersih, sehat dan hargannya pun sangat murah. Terang deddy saat ditemui distand Desa Wisata Joho. (Kominfo, lks, fz, wk)

Add comment


Security code
Refresh