Kamis, 17 Agustus 2017

Bangun Kreatifitas dan Karakter Anak Melalui Kelas Inspirasi


Tahun ajaran 2017/2018 telah dimulai. Setelah libur panjang yang terdiri dari libur semester dan libur nasional, murid-murid kembali masuk sekolah. Semangat dan keceriaan tampak dari wajah polosnya karena kembali bersekolah dan bertemu dengan teman-temannya.

simbar 3

Demikian juga halnya di SDN Simbarlor Kecamatan Plosoklaten. Di hari kedua masuk sekolah (18/7), dengan langkah penuh percaya diri murid-murid memasuki halaman tempat mereka menuntut ilmu. Berseragam merah putih lengkap dengan atributnya, sebanyak 26 anak berbaris rapi mengikuti apel dan berdoa bersama sebelum memasuki kelas masing-masing.

Berbeda dari biasanya, pagi itu hadir Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno di antara mereka. Hari itu Bupati Haryanti berkesempatan mengajar dalam rangka mengikuti program ‘Kelas Inspirasi Eksekutif Mengajar’ yang diselenggarakan koran Radar Kediri.

simbar 1

Dengan senyum ramah, Bupati Haryanti memberi salam dan menyapa murid-murid di sekolah tersebut. Di depan murid kelas 4, 5 dan 6, beliau bertanya siapa yang hafal Pancasila dan lagu Garuda Pancasila, yang dijawab dengan acungan tangan murid-murid secara serempak.

“Sebentar lagi kita memperingati hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Ada yang bisa menyanyikan lagu Hari Merdeka?” tanya Bupati Haryanti. Sesaat kemudian dua orang murid kelas 6 maju, berdiri di samping Bupati dan menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan lantang. Sebagai hadiah, mereka boleh memilih tas sekolah yang sudah disediakan.

simbar 2

Selanjutnya Bupati Haryanti mengajak para murid untuk keluar kelas. Beliau suka mengajar para murid di lapangan karena menurutnya hal itu akan lebih efektif daripada hanya teori di kelas. Para murid diajak melihat kebun nanas yang terdapat di samping sekolah. “Nanas bisa dibuat apa saja?” tanya beliau. Berbagai jawaban terlontar dari murid “Selai, kue, rujak buah, jus,” kata mereka disambut senyum Bupati.

Kepada para murid Bupati Haryanti berpesan untuk hidup sehat. “Jaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan. Kamar mandi juga harus tetap bersih dan jangan buang air di sungai,” jelasnya. Beliau pun meminta anak-anak menunjukkan kamar mandi sekolah sambil berpesan untuk tetap menjaga kebersihannya.

simbar 5

Usai mengajar di lapangan, Bupati Haryanti mengajak para murid kembali masuk ke kelas. Beliau kemudian masuk ke ruang kelas 1, 2 dan 3. Didalam kelas tersebut kembali Bupati Kediri Kediri melakukan tanya jawab kepada para murid serta memberikan beberapa kelengkapan alat tulis yang pasti akan sangat berguna selama disekolah.

Sebelum meninggalkan SDN Simbarlor Ibu Bupati mengatakan bahwa mengajar kepada anak-anak itu tidak harus dengan menghafalkan sesuatu. Kita rangsang mereka agar mau berfikir sendiri dan apa yang mereka inginkan dapat langsung diutarakan. Kemudian mau mencoba dan ajak mereka memahami hal-hal baru yang positif untuk perkembangan daya fikirnya,”

simbar 4

Misalkan pelajaran yang ada dalam kehidupan sehari-hari seperti membuang sampah pada tempatnya agar kebersihan selalu terjaga. Setiap diberikan sesuatu oleh orang lain diterima dengan tangan kanan dan mengucapkan terima kasih, itulah yang harus kita ajarkan kepada anak,” terangnya. (Kominfo/tee,lks,wk)

Add comment


Security code
Refresh