Jumat, 22 September 2017

Desa Nambaan Menuju “Kampung Labu Madu”


Berbagai upaya dan cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri untuk bisa memberikan yang terbaik bagi siapa saja yang ingin mengembangkan usahanya apapun itu. Kalua memang ada niat, kemauan juga pantang menyerah selalu berusaha pasti ada jalan hal ini yang harus dipegang oleh pelaku usaha.

LABU MADU 1

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Ir. Widodo Imam Santoso, M.AB bersama Camat Ngasem Mohamad Nizam Subekhi, S.Sos. MM blusukan ke di Desa Nambakan hanya ingin melihat bagaimana hasil dari Kelompok Wanita Tani (KWT) didalam membudidayakan Labu Madu.

Hadir sebagai tuan rumah Kepala Desa Nambaan, Koordinator PPL juga PPL yang bertugas menangani di wilayah Desa Nambakan Agus Hadi Susanto atau pendamping penyuluh.(17/7).

Pada saat wawancara dengan Tim Peliputan dari Dinas Kominfo Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Ir. Widodo Imam Santoso, M.AB mengatakan bahwa saya disini ingin melihat langsung keberhasilan KWT didalam mencoba suatu inovasi baru terkait dengan pengembangan, lahan pekarangan dengan pembudidayaan jenis labu madu.

LABU MADU 3

Mungkin ini masih baru dikalangan kita khususnya di Kabupaten Kediri, ternyata dibarengi dengan semangat yang tinggi, dari para pembimbing penyuluh juga Kepala Desa Nambaan, juga disemangati oleh Camat Ngasem, para KWT kita mencoba memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

Pekarangan ini dulu kurang bermanfaat, bisa kita lihat banyak sekali buangan geragal sisa bahan bangunan, kelihatan tidak bisa ditanami ternyata labu madu bisa tumbuh subur dipekarangan ini. Juga bisa memberikan nilai tambah, bahkan sudah dikembangkan dan ditingkatkan menjadi produk-produk olahan, bahkan sudah masuk kepasar-pasar dan swalayan. Katanya dengan bangga.

Kami sangat bangga dan ini sebagai trobosan baru sehingga kedepan kami dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mengharapkan sekali kepada Pak Camat dan Kepala Desa untuk mendukung didalam membangun suatu kawasan produk unggulan daerah.

LABU MADU 2

Semoga kedepannya Desa Nambaan ini bisa dijadikan icon menjadi “kawasan Kampung Labu Madu” di Kabupaten Kediri satu-satunya yang bisa mengembangkan budidaya labu madu. Kalua perkembangannya dan respon di pasaran sangat bagus kita akan coba kembangkan untuk Desa Nambaan supaya bisa menjadi yang kita harapkan. Kata Widodo.

Kalua kita lihat bahwa labu madu yang besar seperti ini bisa beratnya 2,5 kg, kita bisa menghitung berapa banyak hasil yang diperoleh sekali panen dengan harga perkilo Rp. 12.000,- bahkan bila masuk Mall bisa tembus dengan harga perbuah Rp. 50.000.- dalam 1 batang bisa menghasilkan rata-rata 8 buah.

Dengan luas lahan yang tidak begitu luas seperti di sini ada 90 batang labu madu, sungguh nilai yang sangat tinggi dan bisa dihitung sendiri berapa banyak hasil yang akan diperoleh. Sampai kalkulatornya tidak bisa menghitung. Gurau Widodo.

LABU MADU 4

Camat Ngasem Mohamad Nizam Subekhi, S.Sos. MM meneruskan apa yang disampaikan Oleh Kadis Pertanian dan Perkebunan merasa sangat senang dan bangga karena telah berkunjung ke KWT kami, disini saya dan Kepala Desa juga Mbak Vita pemilik lahan labu madu, awalnya saya sendiri memang tidak begitu faham.

Alhamduliah dengan pengembangan ini kemaren kita mengadakan lomba produk olahan labu madu, untuk kita sebagai masyarakat Kabupaten Kediri, mudah-mudahan ini sebagai salah satu alternative karena labu madu bisa diolah berbagai macam olahan makanan, salah satunya yaitu mie labu madu.

Ini bisa menambah fariasi, khasanah kuliner di Kabupaten Kediri, untuk kedepannya bersama dengan Kepala Desa juga Penyuluh Pertanian, unsur masyarakat akan mencoba menjadikan Desa Nambaan sebagai Kampung Labu Madu, juga support dan bimbingan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan bisa berjalan menjadi kampong labu madu.

LABU MADU 5

Dalam artian yang pertama kami menginginkan komitmen dari masyarakat Desa Nambaan terlebih dahulu, hal ini bisa maju dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang nganggur, tidak produktif seperti yang kita lihat ini, bisa diolah menjadi kebun labu madu, saya berharap dengan dukungan dari semuanya semoga ini sebagai alternative pilihan di Kabupaten Kediri juga bisa mengembangkan UMKM kita. Kata Nizam.

Bagaimana resep keberhasilan Mbak Vita KWT sebagai pemilik lahan juga pengembang potensi supaya menjadi icon desanya dan anda tertarik seperti mbak Vita silahkan klik videonya di streaming Kediri lagi TV. (Kominfo, Yrpd, Usm, Wk).

Add comment


Security code
Refresh