Kamis, 20 Juli 2017

Manisan Kering “Jomeri” dan “Meri Meri” Siap Bersaing Di Pasar Bebas

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri sangat getol sekali untuk memajukan Usaha Mikro yang ada di Kabupaten Kediri, sesuai tugas dan fungsinya untuk memajukan usaha-usaha kecil menengah, mulai dari memberi support, ijin lebel, sampai dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi UMKM.

MANISAN AGUNG 4

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ir.Adi Suwignyo, M.Si saat di temui Tim Peliputan Dinas Kominfo Kabupaten Kediri (1/7) tetap dengan gayanya yang khas, penuh semangat menyampaikan bahwa UMKM yang ada di Kabupaten Kediri harus bisa berkembang dan bersaing di pasaran, apalagi sekarang ini kita sudah menghadapi pasar bebas jadi kami menginginkan yang terbaik untuk pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kediri.

Apalagi Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno mendukung penuh UMKM yang ada di Kabupaten Kediri, beliau sangat peduli dan harus bisa lebih maju lagi, baik dari pengolahan, cita, rasa, aroma sampai dengan kemasan harus betul-betul diperhatikan, jangan sampai produk kita kalah bersaing di pasar bebas. Terangnya.

Jadi kami juga sudah mengadakan upaya-upaya untuk pembenahan mulai dari Hak Cipta Merk sampai dengan kemasan, juga kita berikan kredit lunak untuk para pelaku usaha yang belum mempunyai modal untuk mengembangkan usahanya.

MANISAN AGUNG 1

Juga kita promosikan baik melalui media online sampai dengan kita ajak untuk mengikuti pameran-pameran, semua itu bertujuan disampaing untuk mengenalkan produk para UMKM juga sebagai ajang transaksi bisa memasarkan sendiri, syukur-syukur ada yang mau peduli dan berminat untuk membantu memasarkan produksi para pelaku usaha mereka. Kata Adi Suwignya.

Agung Harijanto salah satu pelaku usaha home industry sangat berterimakasih atas dukungan dan juga support serta saran dari Pemerintah Kabupaten Kediri terutama Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno melalui Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ir. Adi Suwignyo. M.si, untuk usaha yang kami rintis dan baru seumur jagung, kategori baru hitungan bulan yaaa.. sekitar 3 bulan.

Pemilik Manisan Kering dari buah papaya dan bligo, mengisahkan awal mula membuat manisan, pertama manisan papaya yang diberi nama “Meri Meri” sebetulnya manisan papaya ini sudah saya coba produksi di tahun 2000, sebelum saya memproduksi tinta timbul, cet akrilik dan lainnya, tapi masih klas dipasaran dan belum ada lebelnya.

MANISAN AGUNG 3

Selanjutnya pengembangan usaha saya dengan memproduksi alat-alat tulis, setelah itu barulah terpikirkan lagi untuk menggali potensi yang pernah saya miliki juga berkaitan dengan potensi kebutuhan akan bahan baku atau bahan dasar karena di Kabupaten Kediri sangatlah banyak yaitu membuat manisan dari papaya.

Akhirnya saya menciptakan manisan kering yang terbuat dari papaya, saya memilih papaya disamping harga yang relative murah bahkan kalau sedang musim tidak ada harganya, kadang sampai dibuang dan menjadi busuk, dari sinilah saya mencoba memanfaatkannya, saya membuat manisan kering tanpa bahan pengawet, bahan pewarna semua kita kerjakan asli sesuai cipta, rasa tetap khas papaya.

Selanjutnya saya berinovasi lagi untuk membuat manisan dari bahan bligo, karena manisan ini sangat langka juga bahan dasarnya yang sulit didapat dan jarang sekali kita temui, untuk manisan bligo sendiri kita beri nama “Jomeri” ini juga yang memberi nama Pak Adi Wignyo, saya sangat berterima kasih dengan beliau karena terus mensuport katanya “kamu harus beda, yang bligo harus diberi merk dan nama sendiri jangan sama dengan manisan papaya”. Terang Agung menirukan wejangan Adi Suwignyo.

MANISAN AGUNG 2

Untuk pengembangan berikutnya terkait pangsa pasar yang lebih luas lagi, kami juga diminta untuk membuat manisan dingin, ini sebagai promosi awal menghadapi pameran Pekan Budaya dan Pariwisata nanti, kami menyiapkan manisan dingin dengan harga yang merakyat, murah, terjangkau hanya 5000 bisa menikmati minuman dingin berupa manisan papaya dan manisan bligo.

Untuk mensiasati tanaman bligo supaya tidak langka, saat ini saya sudah mengembangkan dalam bentuk pembibitan tanaman bligo, nanti kalau sudah siap tanam saya akan berikan kepada tetangga untuk bisa menanam dan merawat tanaman bligo, setelah berbuah akan saya beli dengan harga yang sudah kita sepakati, teryata usaha saya disambut baik, terutama untuk kegiatan ibu-ibu yang tidak punya kerjaan kita beri hiburan bertanam bligo. Terangnya.

Monggo yang ingin pesan manisan kering pepaya dan bligo silahkan hubungi Agung Harijanto siap selalu di No Hp. 085 235 721 313 (Kominfo, yrpd, ans, wk)

Comments   

 
0 #1 Agung harijanto 2017-07-06 10:11
Trimakasih tim liputan dari kediri lagi tv, semoga produk saya : manisan kering pepaya dan bligo lebih dikenal masyarakat luas dan bisa membawa nama baik kabupaten kediri lagi. Sukses selalu utk kediri lagi tv
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM