Sabtu, 22 Juli 2017

Ratusan Warga Padati Pasar Murah Desa Petungroto

Di salah satu wilayah pegunungan di Kabupaten Kediri, dengan jalan yang berkelok-kelok, naik turun, kadang menyempit, terlihat nuansa alam yang sangat indah. Di sebelah barat tampak gunung yang menjulang tinggi ditutupi awan putih, menambah indah pemandangan menuju ke Desa Petungroto Kecamatan Mojo.

roto 5

Di desa ini pada Selasa pagi (20/6) dilaksanakan putaran ke-10 pembagian 500 paket sembako gratis dan pasar murah kepada kaum duafa, janda miskin dan RTM (Rumah Tangga Miskin). Terdapat empat titik pelaksanaan pasar murah di wilayah Kecamatan Mojo. Sebelumnya pasar murah digelar di Dusun Semoyo Desa Blimbing, dan untuk dua titik yang akan dilaksanakan yaitu di Desa Ngetrep dan Desa Ponggok.

roto 2

Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno turun langsung ke Desa Petungroto untuk melihat pelaksanaan pasar murah sekaligus membagikan sembako gratis. Dengan ramah beliau menyapa warga yang hadir untuk menerima paket sembako. “Hari ini bapak-bapak dan ibu-ibu bisa berbelanja dengan harga murah. Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi untuk memperhatikan masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan untuk meminimalisir kenaikan harga, sehingga diselenggarakanlah pasar murah hingga 12 kali. Kalau dulu hanya dua kali,” terang Bupati Haryanti.

Acara semakin meriah ketika Bupati Kediri mengadakan game dan meminta warga maju ke depan. “Untuk bapak-ibu yang berusia 60 tahun ke atas, siapa yang masih hafal Pancasila? Atau lagu Indonesia Raya?” seru Bupati Kediri kepada warga. Sesaat kemudian seorang lansia maju dan membaca teks Pancasila dengan lancar dan lantang, yang disambut dengan tepuk tangan hadirin. “Karena dari sekian yang hadir hanya njenengan yang hafal Pancasila, silahkan ambil dua hadiah,” kata Ibu Haryanti Sutrisno dengan tersenyum.

roto 4

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Drs. D.Sampurno, MM. menyampaikan bahwa diadakannya pasar murah dan pembagian sembako gratis adalah untuk meringankan beban masyarakat. Terlebih di bulan puasa dan menjelang lebaran, harga-harga bahan pokok cenderung naik.

roto 6

“Sesuai dengan kebijakan Presiden Jokowi yang ditindaklanjuti kepala daerah se-Indonesia, harga bahan pokok terus dipantau, jadi tidak ada yang bisa seenaknya menaikkan harga. Tiap saat ada operasi untuk memantau ketersediaan pangan, mengevaluasi dan mengontrol gudang-gudang pangan. Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan penyelenggaraan kegiatan seperti ini, alhamdulillah kondisi harga relatif stabil,” urainya.

roto 1

Ratusan warga tampak berduyun-duyun datang memadati pasar murah. Telur dan gula merupakan produk yang menjadi incaran. Dalam waktu yang singkat, telur yang dijual Rp. 14.000/kg dan gula Rp. 11.500/kg, ludes terjual. Di sudut lain, stan Dharma Wanita Persatuan Kab. Kediri juga dijubeli warga. Dengan antusias, mereka memilah pakaian pria, wanita baik untuk dewasa dan anak-anak yang dijual sangat murah. (Kominfo/tee, yrpd, fz, wk)