Senin, 18 Desember 2017

Desa Harus Melek IT, Kabupaten Kediri Menuju Smart City

Sebanyak 344 admin IT desa Se-Kabupaten Kediri mengikuti Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi Kabupaten Kediri di Ruang Joyoboyo, Kantor Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika selama tiga hari mulai 6 Juni s/d 8 Juni 2017.

workshop IT 2Kepala Dinas Kominfo Melalui Kasie Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi manajemen Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Farman, S.Sos, M.Si, mengatakan Pemkab Kediri telah menyediakan VPN bagi masing-masing desa sebagai langkah membangun system jaringan guna meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-Government.

“Untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan VPN tersebut maka diadakanlah workshop ini. Dengan maksud untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa di bidang teknologi informasi. Khususnya dalam pemanfaatan VPN agar aparatur desa benar-benar mahir dan terampil dalam memanfaatkan VPN sehingga memperlancar pelayanan online aplikasi system informasi kependudukan (SIAK),” jelas Farman.

workshop IT 1Sebagai informasi VPN adalah merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. Dan disebut Private Network karena VPN sifatnya privat maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, selain itu data utuh saat dikirim dan diterima serta sumber pengirimnya autentik. Selain tu secara biaya juga lebih rendah dan dapat terkoneksi dari mana saja selama tersambung jaringan internet.

Workshop IT 3Ditambahkan oleh Farman, pada kesempatan ini diberikan pula sosialisasi tentang support infrastruktur Telkom pedesaan serta ketentuan dari Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Narasumber Harapannya menjadi bekal untuk bisa disampaikan pada aparatur lainnya di masing masing desa agar bisa bijak dalam menggunakan gawai terutama dalam media sosial.

“Ini sesuai visi Ibu Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Kediri agar seluruh desa di Kabupaten Kediri dapat memberikan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Desa tuntutannya harus melek IT karena kita menuju smart city,” tambah Farman.

Hadir sebagai narasumber pada acara ini adalah Misdjianto selaku Support Telkom Pedesaan dan E-government, Bapak Aswi dan Ibu Dwi Arini dari Universitas Nusantara PGRI Kediri, Dwi Atmo Agustinus, S.Kom dari Dinas Dukcapil, Paskan Aditama Putra serta Brian Aditama Putra dari Kominfo. (Kominfo/yda,lks,wk)

Comments   

 
0 #4 peby crisnanta 2017-10-02 15:50
SALES PEBY CRISNANTA
TELP : 082333711330
http://daihatsu-kediriraya.com

DP SIGRA TIPE R MULAI 14 JUTAAN HARGA OTR MULAI 153 JUTAAN
untuk pemesanan uni daihatsu tipe lain langsung kontak saya nomor di atas

melayani pembeli an mobil daihatsu alamat dealer area kediri raya tulungagung,
blitar,kediri,jombang,ponorogo,trenggalek,nganjuk,
Quote
 
 
0 #3 peby crisnanta 2017-10-02 15:49
SALES PEBY CRISNANTA
TELP : 082333711330

DP SIGRA TIPE R MULAI 14 JUTAAN HARGA OTR MULAI 153 JUTAAN
untuk pemesanan uni daihatsu tipe lain langsung kontak saya nomor di atas

melayani pembeli an mobil daihatsu alamat dealer area kediri raya tulungagung,
blitar,kediri,jombang,ponorogo,trenggalek,nganjuk,
Quote
 
 
0 #2 7meter 2017-07-23 12:34
Menarik sekali dan terima kasih infonya gan.
Quote
 
 
0 #1 wildanum mubin 2017-07-19 13:00
Alhamdulillah
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh