Sabtu, 22 Juli 2017

Antusias Warga di Pasar Murah Kalipang

Pembagian paket sembako gratis dan pasar murah kembali digelar. Di hari keduabelas bulan suci Ramadhan 1438 H (7/6), kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Bagian Perekonomian bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri tersebut digelar di Desa Kalipang Kecamatan Grogol.

GROGOL 3

Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Rosyida Masykuri kembali hadir di acara yang rutin digelar tiap tahun ini. Beliau didampingi Ketua DWP Kabupaten Kediri Yuni Supoyo, Camat Grogol Moh. Imron dan aparat Desa Kalipang. Tampak ratusan warga memadati Balai Desa Kalipang, sebagian diantaranya adalah para lansia yang merupakan penerima paket sembako gratis.

Di hadapan seluruh hadirin, Moh. Imron menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini di Desa Kalipang. Ia pun bercerita tentang musibah yang dialami warga Desa Kalipang pada musim hujan lalu, yakni bencana longsor dan banjir bandang. ”Alhamdulillah, seluruh warga tetap sabar dan tangguh meski ada bencana dan badai,” ujarnya.

GROGOL 5

Terkait dengan pemberitaan di media massa tentang kondisi bangsa dan negara saat ini, Moh. Imron berpesan pada warga untuk selalu menjaga kerukunan dan saling membantu. “Ada yang spesial di Desa Kalipang, tepatnya di Dusun Kalibago. Disana terdapat tiga penganut agama yakni Islam, Kristen dan Hindu. Ini yang membuat kita bangga dan harus ditunjukkan, karena dengan keberagaman kita dapat hidup berdampingan. Meski berbeda agama/keyakinan, kita semua adalah saudara,” terang Imron. Ia pun mengingatkan agar para orang tua senantiasa mengawasi, mendampingi dan membimbing putra-putrinya agar tidak terpengaruh hal-hal negatif, seperti paham radikalisme dan narkoba.

GROGOL 1

Sementara itu Ketua TP PKK Kab. Kediri Rosyida Masykuri mengatakan bahwa pembagian sembako gratis dan pasar murah adalah untuk meringankan dan membantu mengatasi kebutuhan bahan pokok yang biasanya harganya naik di bulan Ramadhan. Beliau juga menceritakan pada awal pelaksanaan kegiatan beberapa tahun lalu, hanya empat lokasi yang menjadi sasaran. Karena animo masyarakat yang tinggi dan pemberian sembako sangat membantu warga, sasaran pun ditingkatkan menjadi 6, kemudian 8, di lokasi yang bergantian tiap tahun. Tahun ini kegiatan dilaksanakan di 12 desa di empat kecamatan.

“Kegiatan ini juga untuk menekan melambungnya harga, dimana penjual terkadang mematok harga semaunya. Mergo wong lek butuh, piro ae dituku. Ada beragam kebutuhan pokok yang bisa dibeli di pasar murah dengan harga di bawah harga pasar. Kalau harganya lebih tinggi tidak usah dibeli,” katanya.

GROGOL 2

Di area Balai Desa Kalipang, ratusan warga tampak memadati area pasar murah. Mereka rela berdesakan dan mengantri untuk membeli beragam kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, gula, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Dengan harga 13.000/kg, telur menjadi produk yang cepat habis diserbu warga, demikian juga dengan minyak yang dijual 11.500/liter. Beragam aneka produk UKM dan berbagai pakaian pria, wanita, dan anak-anak yang dijual dengan harga murah juga tak luput dari perhatian warga. (Kominfo/tee, yrpd, wk