Sabtu, 22 Juli 2017

Puasa Sarana Mensyukuri Nikmat

Pembinaan Mental atau biasa di sebut mentalan kegiatan rutin setiap minggu pertama di awal bulan kali ini memasuki bulan Ramadhan. Yang diadakan di Gedung Bagawanta Bhari Kabupaten Kediri, Senin (5/6)

PUASA 1

Tampat hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH. M.Si, bersama seluruh Perangkat Daerah dan Karyawan karyawati tumplek blek memenuhi gedung Bagawanta Bhari.

Ustad Akhmad Djamaludin membawakan ceramah tentang Makna Bulan Puasa. Makna Puasa yang pertama yaitu Puasa adalah ibadah kepada Allah ta’ala yang disertai niat, yaitu niat karena Allah ta’ala dan niat jenis puasanya, apakah wajib, sunnah, dan lain-lain. Kedua Menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, yaitu tidak melakukan pembatal-pembatal puasa tersebut, sebagaimana akan datang rinciannya insya Allah.

PUASA 4

Makna yang ketiga Sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yaitu sejak masuk waktu sholat Shubuh sampai masuk waktu sholat Maghrib. Makna ke empat Yang dilakukan oleh orang yang tertentu, yaitu muslim, baligh, berakal, mampu, muqim dan tidak memiliki penghalang-penghalang, sebagaimana akan datang penjelasannya lebih detail insya Allah. Yang terakhir makna yang kelima yaitu Syarat-syarat yang tertentu, yaitu syarat-syarat puasa menurut syari’at yang insya Allah akan datang pembahasannya lebih terperinci.

PUASA 3

Lebih lanjut dikatakan disamping makna berpuasa juga hukum Puasa Ramadhan, ada 10 macam Hikmah Puasa yaitu Puasa adalah sarana menggapai ketakwaan, Puasa adalah sarana mensyukuri nikmat. Puasa melatih diri untuk mengekang jiwa, melembutkan hati dan mengendalikan syahwat. Puasa memfokuskan hati untuk berdzikir dan berfikir tentang keagungan dan kebesaran Allah. Puasa menjadikan orang yang kaya semakin memahami besarnya nikmat Allah kepadanya

PUASA 2

Puasa memunculkan sifat kasih sayang dan lemah lembut terhadap orang-orang miskin. Puasa menyempitkan jalan peredaran setan dalam darah manusia. Puasa melatih kesabaran dan meraih pahala kesabaran tersebut, karena dalam puasa terdapat tiga macam kesabaran sekaligus, yaitu sabar menghadapi kesulitan, sabar dalam menjalankan perintah Allah dan sabar dalam menjauhi larangan-Nya. Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hikmah puasa terbesar adalah penghambaan kepada Allah tabaraka wa ta’ala dan peneladanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Terang Ustadz Ahkmad. (Kominfo, YRPD, TEE, WK)

 

Add comment


Security code
Refresh