Sabtu, 22 Juli 2017

Bukan Siapa Juaranya, Tapi Mari Kita Tanamkan Kepada Anak Untuk Cinta Pancasila

Kecil-kecil caberawit, biarpun kecil tapi wawasan kebangsaan dan ilmu sejarahnya yang dimilikinya sangat luar biasa. Gadis mungil bernama Alya Safinatun naja diusianya yang baru menginjak 8 tahun dan duduk dibangku kelas 2 SD, namun segudang prestasi telah diukirnya. Dia termasuk talenta muda dalam dunia pendidikan yang dimiliki oleh Kabupaten Kediri.

PILDACIL PANCASILA 2

Lihat saja penampilannya saat Lomba Pidato Menghafal Biografi Bung Karno dalam acara Pekan Pancasila yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri (4/6). Biarpun kecil tapi suara yang dikeluarkan saat didepan juri sangat lantang, tegas dan lugas. Penonton yang hadir diruang Joyoboyo pun dibuatnya kaget bercampur kagum. Juri pun dibuat terhipnotis oleh penampilan yang dibawakannya.

Setelah ditelusuri, anak pertama dari 2 bersaudara dari pasangan Rohmasis dan Ibu Dewi Fitrotul Islamiyah ternyata adalah seorang Da’I cilik yang pernah menjadi juara 2 Pildacil mewakili Kecamatan Mojo mengikuti lomba ditingkat Kabupaten Kediri.

Saat didampingi oleh Ibunya Gadis yang akrab dipanggil Fina ini menjelaskan dalam mengikuti lomba pidato ini waktu saya belajar hanya 2 hari yaitu pada hari jum’at. Ibu yang selalu menemaniku saat belajar hingga malam dan selesai shalat Subuh dirumah.

PILDACIL PANCASILA 3

Semoga dengan prestasi demi prestasi yang telah saya ukir ini cita-cita saya jika sudah besar nanti ingin menjadi Dokter bisa tercapai. Dengan saya menjadi juara 1 lomba pidato ini saya bisa mengharumkan nama orang tua, SDIT Al-Badr Ploso Mojo sekolah tempat saya menuntut ilmu dan teman-teman semua.

Begitu juga Septi Elviana Manda Sari juara pertama Lomba Pidato tingkat SMP. Penampilannya yang ciamik saat lomba tadi mampu menorehkan tinta emas dan mendapat nilai tertinggi yang ditulis oleh juri.

Septi yang saat ini duduk dibangku kelas 7 SMPN 1 Ngadiluwih datang mengikuti lomba dengan didampingi oleh kepala sekolahnya. Tak disangka jerih payahnya dalam menghafalkan Biografi Bung Karno mendapatkan apresiasi tinggi dari dewan juri.

PILDACIL PANCASILA 4

Septi mengatakan Juara ini saya tujukan kepada kedua orang tua saya yang telah bekerja keras untuk membesarkan dan membiayai sekolah. Bapak hanyalah seorang buruh tani dan ibu hanya dirumah saja tapi semangatnya agar saya menjadi orang berguna untuk Nusa bangsa dan Negara tiada duanya.

Semoga jika saya lulus nanti apa yang saya cita-citakan tercapai yaitu menjadi Dokter Gigi dan sekaligus bisa membanggakan kedua orang tua dan guru-guru yang membimbing saya disekolah.

Drs. Mujahid, MM Kepala Bakesbangpol mengakatan kegiatan lomba ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kediri yaitu bagaimana mencetak masayarakat yang cerdas. Artinya masyarakat cerdas adalah masyarakat yang berintegritas dan berguna bagi bangsa dan Negara.

PILDACIL PANCASILA 5

Kegiatan ini juga sangat strategis agar anak-anak didik kita dan juga para pendidik itu cinta terhadap Indonesia, cinta terhadap Pancasila dan cinta terhadap Kabupaten Kediri, sehingga tema Saya Indonesia Saya Pancasila yang diusung dalam memperingati hari Lahir Pancasila bisa terus terjaga.

Apresiasi tinggi diberikan ibu Bupati Kediri kepada anak-anak peserta lomba, yaitu semua anak yang ikut akan menerima hadiah, itu sebagai motivasi agar anak tetap semangat belajar. Yang terpenting bukan siapa juaranya, tapi lomba ini sebagai sarana untuk membangkitkan dan menumbuh kembangkan semangat perjuangan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Bung Karno sebagai penggagas dan pencetus Pancasila.

PILDACIL

Untuk Pemenang pidato Menghafal Biografi Bung Karno Tingkat Sekolah Dasar (SD) yaitu juara 1 seperti sudah ditulis diatas Vina Alya S (8 th) Kelas 2 SD Al-Badas – Ploso Mojo, Juara 2 Aprillia Putri Z dari SDN Pandantoyo 1 Kec. Ngancar dan juara 3 M.Adibrata. TMS dari SD 115 Grogol.

Sedangkan untuk pemenang Tingkat SMP juara 1 Septi Elviana, MS dari SMPN 1 Ngadiluwih, juara 2 Andhiarta Lucky dari SMPN 1 Grogol dan juara ke 3 jatuh pada Arim Fatum M dari SMPN 1 Puncu. Untuk yang belum mendapat juara tunggu tahun 2018, akan diadakanj lomba terkait Pekan Pancasila. (Kominfo, LKS, YRPD, FZ, WK)

Add comment


Security code
Refresh