Senin, 20 Nopember 2017

Pekan Pancasila Dalam Memperingati Hari Pancasila 01 Juni 1945

Saya Indonesia, Saya Pancasila. Kalimat tersebut sangat sederhana, tetapi memiliki arti yang sangat luar biasa bagi Bangsa dan seluruh Rakyat Indonesia. Kalimat yang dikumandangkan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam memperingati sekaligus sebagai tema Hari Lahir Pancasila tahun ini mampu menyentuh Hati Seluruh Rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

KESBANG 2

Di Kabupaten Kediri dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 1945 mengadakan kegiatan Pekan Pancasila yang diisi dengan serangkaian kegiatan, saat ini sedang berlangsung minggu (4/6) Lomba Pidato Menghafal Biografi Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama yang juga pencetus dan penggagas Pancasila.

Lomba ini dibagi menjadi 2 (dua) tingkat yaitu tingkat SD (Sekolah Dasar) dan tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) total berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa SD  dan 16 siswa SMP. Lomba tersebut dibuka langsung oleh Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno di ruang Joyoboyo Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten. Turut Hadir Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Subur Widono, S.STP dan Plt.Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, SAP. M.Si.

KESBANG 3

Dalam sambutannya Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno Mengatakan harapan saya dengan adanya kegiatan ini kita semua khususnya anak-anak memahami sekaligus mengetahui bahwa penggagas dan pencetus Pancasila adalah Bung Karno. Dengan memahami Biografi Bung Karno, ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak tentang perjuangan dan perjalanan hidup sang Proklamator baik sebelum kemerdeka, saat kemerdekaan dan paska kemerdekaan dapat dijadikan contoh bahwa kita harus terus menjaga dan berkorban demi keutuhan NKRI.

Intinya dari kegiatan lomba ini adalah kita tidak hanya menghafal Biografi Bung Karno saja tapi kita juga harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, Berbangsa dan Bernegara. Untuk meneruskan cita-cita dan perjuangannya, Pemerintah Kabupaten Kediri berupaya mewujudkan sekolah murah bagi seluruah anak tanpa terkecuali.

Sesuasi dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kediri supaya anak-anak pada usia SD bisa sekolah semua, karena agar tidak ada lagi anak yang buta huruf di Kabupaten Kediri. Kepada para Guru mari kita bersama-sama berfikir, bagaimana anak-anak bisa terus sekolah, agar mereka bisa mengejar cita-citanya. Pesannya

KESBANG 1

ditambahkan oleh Kepala Bakesbangpol Drs. Mujahid, MM. dalam sambutanya menyampaikan, Dengan kita memperingati Hari Lahir Pancasila, serta melakukan 2 (dua) item kegiatan untuk mengenangnya seperti melaksanakan Upacara Bendera dan  Pekan Pancasila harapan saya mudah-mudahan kita bisa melaksanakan dan mengamalkan Pancasila didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbicara tentang Pekan Pancasila yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri ini berlangsung mulai tanggal 29 Mei 2017 sampai tanggal 04 Juni 2017 juga merupakan puncak kegiatan Pekan Pancasila yang ditutup dengan Lomba Pidato Menghafal Biografi Bung Karno. Mengawali kegiatan Pekan Pancasila ini serangkaian kegiatan telah dilaksanakan yang meliputi sarasehan wawasan kebangsaan, Kegiatan Loka Karya bersama seluruh Guru yang mana ini perlu penguatan nilai-nilai Pancasila agar betul-betul diamalkan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian juga ada kegiatan halakoh kebangsaan dimana Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Majelis ulama Indonesia mengadakan semacama diskusi dan kajian bersama untuk menggali sejauh mana nilai-nilai Pancasila ini jangan hanya dihayati saja namun juga harus diamalkan.

KESBANG 4

Seminar dan diskusi intens dengan mengamalkan pancasila khususnya untuk menangkal upaya-upaya atau paham radikal yang ada disekitar kita. Dengan seluruh rangakaian acara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila dalam waktu sepekan ini kita dapat simpulkan bahwa pancasila sebagai Ideologi Negara adalah sudah Final, sudah harga mati maka dari itu Pancasila harus jayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Mujahid (Kominfo, LKS, YRPD, FZ, WK).

Add comment


Security code
Refresh

Politik Hukum Keamanan