Jumat, 22 September 2017

Loka Karya Penguatan dan Pengamalan Pancasila di MTs An Nawawiyah Kepung

Memasuki MTs An Nawawiyah Ringinagung Kecamatan Kepung, terlihat bagitu sederhana dengan pembanguna yang terus dilaksanakan kelihatan masih baru Bangunan Masjid juga ada tambahan ruang kelas, walaupun sekolahan ini agak masuk di perkampungan tetapi peminat anak-anak yang bersekolah sungguh sangat luar biasa. Sekolahan tersebut dibawah naungan Yayasan Majelis Wakil Cabang NU, Lembaga Pendidikan Ma’Arif NU Kecamatan Kepung.

MTS AN NAWAWIYAH 2

Kali ini dalam lawatan “Sepekan Pancasila” yang diadakan oleh Bakesbangpol dengan tema “Loka Karya” Penguatan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila, bagi Guru di Lingkungan Pendidikan Ma’Arif dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 kemaren, setelah memberikan penekanan dan pemahaman pada anak-anak eks Paskibraka dan Oskab pagi tadi, sore ini giliran para Guru Ma’Arif (2/6) di MTs. An Nawawiyah Ringinagung Kecamatan Kepung.

Kepala Bakesbang Kabupaten Kediri Drs. Mujahid, MM didampingi Ketua Yayasan Ma’Arif NU Kecamatan Kepung H. Abdul Kholik dan pengasuh MTs An Nawawiyah Kyai Djali Romlani. Dalam kesempatan Sepekan Pancasila Mujahid menyampaikan penekanan tentang Hari Lahir Pancasila dengan gayanya yang khas sambal guyonan, kalua tadi untuk mencari lokasi Sekolahan ini kita sampe kesasar, karena di Google Maps juga tidak ada alamat sekolahan ini. Guraunya. Disambut geyak tawa peserta yang hadir.

MTS AN NAWAWIYAH 4

Lebih lanjut dikatakan bahwa diadakannya Loka Karya ini karena ada persoalan yang sangat serius terhadap Pancasila, kalua boleh jujur saya katakana Pancasila ini ada karena hasil dari beberapa kajian dan aspek lahiriyah, seperti Bung Karno yang mengadakan kontemplasi pemikiran secara Syar’i nya dilakukan oleh Kyai Wakid Hasim.

Mulai peristiwa G 30 S PKI sampai Piagam Jakarta ada beberapa kalimat yang harus diurai, atau bahkan dihilangkan, coro Tulungagungan Bahasa ne ndak umum, bayangkan saja menurut Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah NU Kyai H Akhmad Mu’afik setelah terjadi perdepatan seru akhirnya diputuskan itu dihilangkan, laksanakan Syariat Islam bagi Pemerintah.

MTS AN NAWAWIYAH 1

Akhirnya Pancasila ini dipakai, tapi yang jelas Pancasila itu lahir pada 1 Juni 1945, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016. Ada dua esensi dari Kepres tersebut pertama setiap tanggal 1 Juni, semuanya libur ini untuk dimaklumi dan ditindak lanjuti.

Yang ke dua mulai tanggal 29 Mei sampai dengan tanggal 4 Juni diadakan Pekan Pancasila artinya dalam Pekan Pancasila kita adakan kegiatan-kegiatan yang ada relefensinya dengan Pancasila, termasuk rangkaian pada hari ini salah satunya kegiatan Loka Karya. Setelah Upacara tanggal 1 Juni dan itu memang diperintahkan oleh Presiden RI dan semuanya harus melaksanakan.

Bahwa Pancasila sebagai Ideologi bisa dipahami dan disadari, setelah disadari dihayati, setelah dihayati baru di amalkan. Penekanan-penekanan untuk selalu menjiwai Pancasila karena didalam Pancasila mengalir darah dan daging para pejuang untuk mempertahankannya. Kita sebagai Bangsa Indonesia harus bangga dan selalu menjunjung tinggi Ideologi Pancasila, “saya Indonesia kalua anda sekalian, dijawab juga saya Indonesia dan saya Pancasila. Tegas Mujahid sambal tersenyum.

MTS AN NAWAWIYAH 3

Acara dilanjutkan dengan Buka bersama dan Sholat Magrib berjemaat di Masjid yang baru dibangun. Perlu di ketahui bahwa MTs An Nawawiyah ini berdiri sejak tahun 2007 dan sekarang muridnya sudah mencapai 160 anak dengan kategori 40 persen dari warga sekitar yang 60 persen dari Pondok Pesantren Ma’Arif, untuk mendukung belajar mengajar ada 20 tenaga pengajar yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. (Kominfo, YRPD, FZ, WK).

Add comment


Security code
Refresh