Kamis, 20 Juli 2017

Madu Ratu Joho "Telaten Bakale Panen".

Sumber Podang tepatnya di Desa Joho Kecamatan Semen ternyata banyak sekali produk UMKM Madu, disamping terkenal dengan obyek wisata Sumber Podang juga terkenal dengan kuliner khas masakan ala wong Ndeso seperti Tiwul Goreng dan ampok goreng.Yang akan kami bahas kali ini yaitu UMKM “Madu Ratu” diproduksi oleh Lebah Sumber Podang.

MADU RATU 1

Pemilik UMKM “Madu Ratu” Imam Sholikin dan Siti Nuryati dari Desa Joho Kecamatan Semen mengatakan kepada Tim Kominfo (19/5), bahwa usaha yang kami jalani ini sejak 9 tahun yang lalu, dengan modal yang sedikit dan juga kotak tawon/lebah hanya 10 kotak, tapi dengan tekat, ketekunan, semangat dan pantang menyerah akhirnya kami bisa menikmati hasil dari Olahan Madu. Telaten Bakale Panen. Kata Imam.

Ahamdulilah kami sekarang sudah memiliki 70 kotak Lebah/Tawon, untuk pekerjaan kami dibantu dengan Istri tercinta dan juga keluarga, mulai dari mencari bunga yang sedang musim, Pemilihan tempat, itulah hal pertama yang harus kita lakukan jika berencana beternak lebah madu, karena akan mempengaruhi hasil dan umur dari lebah.

Pemilihan tempat yang tidak tepat membuat madu yang dihasilkan tidak bisa maksimal dan kualiatas kurang bagus. Suhu juga harus ideal, lebah biasa tinggal di suhu rata-rata 26 derajat celcius. maksimal. Untuk mengakali suhu bisa perkiraan ketebalan kayu yang digunakan untuk membuat sarangnya, ini untuk menghindari perubahan suhu yang mendadak didalam sarang lebah. Jelasnya.

MADU RATU 3

Hindari Keramaian. Cari tempat yang sepi, keramaian membuat lebah menjadi agresif, membuatnya cepat mati. Disamping itu jika ditempatkan dikeramaian akan berbahaya untuk orang lain disekitarnya. Terdapat sumber air bersih. Air berguna untuk minum lebah. Kalau tidak ada bisa disedikan sendiri. Carilah tempat yang terdapat banyak bunganya, degan jarak tidak boleh lebih dari 2 km.

cara ini bisa diakali dengan sesekali membawa sarang lebah ke tempat yang terdapat banyak nektra nya. Hindari tempat yang banyak angina kencang. Ini bisa dilakukan dengan membatasi sekitar tempat perlebahan. Cari lokasi yang mudah untuk diakses oleh kendaraan. Pemilihan tempat tentunya fleksibel, bahkan jika hanya berada dipekarangan rumahpun tidak mengapa, asal hal-hal mendasar seperti tersedianya nektar, air bersih dan tidak adanya angin kencang disekitarnya harus terpenuhi. Terangnya.
MADU RATU 2

Lebah madu yang kami produksi mempunyai beberapa produk diantaranya adalah madu, lilin lebah, propolis, pollen (tepung sari), royal jeli, dan masing-masing kaya akan manfaat. Dahulu untuk mendapatkan semua itu, orang akan berburu ke hutan dengan membakar sarang agar lebah pergi dari sarangnya, kemudian dari sarang tersebut diambil hasilnya. Cara tersebut akan memutus keturunan lebah dan koloninya, sehingga membuat lebah semakin sulit dicari. Disini cara agar tetap lestari adalah dengan beternak lebah madu. Jadi bagi peternak Labah Madu kita melihat dulu dimana, kapan musim bunga datang. Himbaunya.

Untuk harga relatif tergantung pesanan, untuk botol ukuran besar kita bisa menjual Rp.80.000 s/d 125.000 dijamin keasliannya, untuk pemasaran dan promosi kami juga dibantu dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga sering mengikuti Pameran-Pameran yang diadakan.

Bila ingin pesan madu khusus untuk wilayah Kabupaten Kediri dan Kota Kediri kami siap mengantar sampai ditujuan dan silahkan hubungi Imam Sholikin atau Siti Nuryati Desa Joho Kecamatan Semen HP. 085 749 690 396, Jelas Imam (Kominfo, YRPD, TEE, WK)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM