Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Memperkuat Media Informasi Daerah Melalui Peran KIM

Dalam rangka pemberdayaan dan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan “workshop Jurnalistik bagi Kelompok Informasi Masyarakat”. Se Jawa Timur di Aula Lantai 4 Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. (19/5)

KIM JATIM 2

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Ir. Eddy Santoso, MM diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik Ambar Sulistyorini, SH. MM dalam sambutannya mengatakan diadakannya workshop bagi KIM ini untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota KIM dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan operasionalnya yang nantinya bisa menjadikan nilai tambah bagi anggota KIM melalui konten website KIM maupum blogspot KIM.

KIM JATIM 4

Dengan tema “memperkuat media informasi Daerah dengan Merevitalisasi Perqan KIM sebagai Jurnalis Warga”. Yang bertujuan supaya anggota KIM mampu mengisi konten dan konsep KIM juga mampu menanfaatkan Teknologi Informasi, mengakses, mengelola, serta menyebarkan informasi sesuai dengan kebutuhan KIM. Sehingga nantinya KIM dapat lebih produktif dan mampu memberikan nilai tambah.

Lebih lanjut dikatakan saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi peserta dari Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota Se Jawa Timur juga dengan anggota KIM nya. Kalua kita lihat jumlah KIM se Jawa Timur dari hasil pemetaan di tahun 2015 – 2016 sangat jauh karena kita mengharapkan KIM yang bebar-benar ada pengurusnya juga ada kegiatannya bukan KIM dari era-era sebelumnya.

KIM JATIM 3

Dengan jumlah 1019 hampir separo KIM sudah tidak akses dan aktif lagi, oleh karena itu dari jumlah KIM yang sekian banyak yang bisa kita ambil hanya 119 KIM saja. Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur membangun website untuk anggota KIM se Jawa Timur, dengan harapan dapat dijadikan ajang informasi bagi daerah dan bisa di akses bagi masyarakat.

Kami sangat menyadari bahwa kemampuan setiap kim memang berbeda dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan kamampuan setiap KIM dalam penulisan artikel untuk menyebarkan informasi yang positif bagi masyarakat di website KIM. Kata Ambar.

KIM JATIM 1

Narasumber dari Direktur Utama Suara Surabaya Media Errol Jonathan dengan judul peran Jurnalisme warga dalam menghadirkan media alternative bagi masyarakat. Dengan penulisan berita menggunakan rumus 5 W 1 H, News Value atau berita yang baru/ hangat, factual, penting, berdampak dan menarik. Bahwa syarat operasional Jurnalisme warga mengacu pada kebijakan redaksional, regulasi, system dan SOP arus informasi, kompetensi SDM dan literasi media kepada warga. Terang Errol.

Dalam kesempatan tersebut juga berbagi pengalaman dari Forum KIM Kota Surabaya yaitu mengoptimalkan website KIM sebagai media informasi Daerah oleh KIM Jawa Timur juga Penulisan artikel pada web KIM. (Kominfo, YRPD, WK).

Add comment


Security code
Refresh