Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kelompok Tani Handal Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri kembali menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan jaringan kelompok informasi dan komunikasi untuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Rabu (17/5). Bertempat di PT. Agro Utama Mandiri Lestari Kecamatan Ngadiluwih, pembinaan tersebut diikuti oleh kelompok tani se-Kecamatan Ngadiluwih, dengan perwakilan 3 orang per desa.

agro 1

Mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Plt. Kabid PIK Dinas Komunikasi dan Informatika Wikainun, SE, MSi mengatakan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan mitra dari Dinas Kominfo dalam penyebarluasan informasi publik. Oleh karenanya, peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampaian informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas.

Kekompakan dan jiwa gotong royong merupakan ruh atau inti kegiatan KIM di manapun. Didukung dengan kemajuan teknologi dan informasi, kami berharap KIM ini bisa memanfaatkan blog yang akan dibuatkan Dinas Kominfo, untuk bisa mengupdate kegiatan – kegiatannya,” ungkap Wikainun.

agro 2

Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah “Satukan Langkah Menuju Kelompok Tani Yang Handal Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Beragam materi diberikan untuk menambah pengetahuan para peserta, sekaligus meningkatkan peran aktif mereka dalam mengelola informasi melalui internet.

Pontari, SP. MMA dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri menjadi pemateri pertama. Di hadapan seluruh peserta, ia menjelaskan tentang Kartu Tani yang dikeluarkan Pemerintah. “Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Kartu ini dapat digunakan untuk memonitor penyaluran pupuk bersubsidi yang anggarannya menggunakan APBN,” terangnya.

agro 3

Menurut Pontari, kartu ini terintegrasi secara online dan pergerakannya bisa diketahui secara real time. Maka dengan sistem ini pemerintah akan dapat memantau hasil produksi petani serta distribusi pupuk serta bibit.

Untuk lebih meningkatkan peran kelompok tani dalam mengelola informasi melalui internet, Yohana Rahayu PD, S.Sos dari Dinas Kominfo Kabupaten Kediri memberikan materi tentang pemanfaatan IT, pembuatan email dan blog. Seluruh peserta diajak langsung mempraktekkan pembuatan email dan blog. Dengan telaten, ia memandu mereka tahap demi tahap.

agro 5

“Njenengan semua bisa membuat blog atas nama kelompok tani atau kelompok wanita tani. Keuntungannya adalah kita bisa mengenalkan, mempromosikan atau memasarkan produk-produk pertanian. Kalau sudah via internet, bukan hanya tetangga saja yang mengetahui, tapi seluruh dunia bisa melihat blog kita,” terangnya bersemangat.

agro 4

Di akhir acara, Tarwa Mustopa, SPM. Agr selaku pemilik PT. Agro Utama Mandiri Lestari membagikan tips-tips berkebun buah jambu kristal. Pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini ingin agar keberhasilannya mambudidayakan jambu kristal bisa diikuti petani yang lain. (Kominfo/yrpd,tee,fb,wk)