Senin, 20 Nopember 2017

"Piramida Kesadaran Masyarakat terhadap Cerita Panji Sidopekso”.

Mencoba mengupas satu persatu peserta Lawatan Sejarah dan Budaya yang baru - baru ini diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri untuk anak-anak se tingkat SMA se-Kabupaten Kediri. Pemenang artikel dan bisa mewakili Kabupaten Kediri ke Tingkat Jawa Timur yaitu Ahmad Fauzan dari SMAN 2 Pare.

AHMAD FAUZAN 1

Ahmad Fauzan saat ditemui Tim Kominfo di seputaran candi Tegowangi Kecamatan Plemahan (9/5) mengatakan saya merasa sangat senang atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya sebagai pemenang dalam kegiatan Lawatan Sejarah dan Budaya yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 – 13 April 2017 kemaren.

Semoga artikel saya bisa mewakili dan membawa nama baik SMA 2 Pare juga Kabupaten Kediri. Saya memang kelahiran dari Bengkulu tapi karena saya senang sekali dengan sejarah dan budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Kediri yang kita cintai ini. Terangnya dengan bangga.

AHMAD FAUZAN 2

Lebih lanjut dikatakan bahwa Keanekaragaman Indonesia adalah kekayaan yang patut dijaga kelestariannya.  Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Budaya yang beragam pula menjadikan Indonesia dihargai oleh dunia.

Potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi juga meningkatkan ketertarikan para wisatawan yang berkunjung. Hal itu pula yang dimanfaatkan oleh orang-orang Indonesiasebagai kesempatan bagi masyarakat untuk mencari penghasilan.

Saya mencoba mengangkat cerita Panji, dengan judul "Piramida Kesadaran Masyarakat terhadap Cerita Panji Sidopekso” adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, sejarah, dan kebudayaan masyarakat Kediri. saya berharap agar warisan budaya Indonesia tetap lestari dan dapat menjadi aset bangsa di masa depan serta seluruh masyarakat ikut berperan dalam pelestariannya.

AHMAD FAUZAN 3

Sejarah Cerita Panji Sidopekso dan Sri Tanjung, Piramida Kesadaran Masyarakat terhadap Cerita Panji Sidopekso, Tempat bersejarah yang berkaitan dengan Cerita Panji Sidopekso dan Sri Tanjung juga Peran pemerintah serta masyarakat dalam upaya pelestarian Cerita Panji. Kata Fauzan.

Cerita Panji merupakan salah satu kebudayaan khas yang berasal dari Kabupaten Kediri yang telah merambah ke Manca Negara. Namun masih banyak cerita panji yang belum diangkat dan diketahui secara luas oleh masyarakat sehingga banyak cerita yang mulai hilang dan pudar.

Selain itu, cerita Panji memiliki nilai positif kepada generasi muda karena memberikan contoh sifat-sifat baik yang ditanamkan pada sosok sang Panji. Sehingga Panji sendiri akan menjadi roll model bagi mereka serta mengganti peran dari sinetron-sinetron yang bernilai negatif untuk pelajar.

AHMAD FAUZAN 4

Namun tanpa kerja sama seluruh lapisan masyarakat, tujuan baik itu tidak akan terlaksana dengan baik. Apalagi dilihat dari beberapa wawancara serta kuisioner yang saya lakukan terlihat masih kurangnya wawasan tentang cerita panji sendiri namun anehnya mereka

sadar pentingnya Cerita Panji tapi tidak mengetahuinya. Maka dari itulah saya mengangkat cerita yang belum banyak diketahui serta telah tenggelam dalam budaya masyarakat saat ini. Jelas Fauzan (Kominfo, YRPD, TEE, WK).

Add comment


Security code
Refresh