Kamis, 20 Juli 2017

Jaga Kualitas dan Mutu UMKM Kabupaten Kediri

Para pelaku UMKM Kabupaten Kediri semakin bergairah dalam berkreasi mengembangkan usahanya. Bagaimana tidak, Pemkab Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro tidak henti-hentinya memberikan dorongan dan memacu motivasi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi secara mandiri.

UMKM PARON

Hari Senin (1/5) bertepatan dengan hari libur Nasional dimanfaatkan oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno untuk bertemu dengan 17 pelaku usaha kaos di rumah Mahmud, Desa Paron Kecamatan Ngasem. Di rumah sederhana yang juga tempat usaha aksesoris jaranan milik Mahmud, Ibu Bupati mengajak berdiskusi bagaimana menghasilkan kaos berkualitas bagus namun dengan harga yang murah.

UMKM PARON 3

Tidak itu saja, semua kendala yang dihadapi selama menggeluti usaha seperti ini dibahas agar mencapai hasil yang memuaskan bagi konsumen dan mendatangkan keuntungan bagi pelaku UMKM.

Bupati Kediri melalui Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ir.Adi Suwignyo, M.Si mengatakan bentuk dukungan yang diberikan Pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMKM adalah dengan memberikan pelatihan dan pembinaan bagi pelaku UMKM. Yang lebih penting lagi adalah dalam hal pemasaran.

UMKM PARON 4

Saat ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sedang merancang aplikasi pemasaran secara online. Tujuannya agar hasil produksi UMKM Kabupaten Kediri lebih dikenal sampai ke mancanegara, sehingga bisa lebih laku dan mampu bersaing di pasaran.

"Berbicara mengenai pengusaha kaos yang saat ini kita kumpulkan, nantinya kaos-kaos ini sebagai penunjang pariwisata Kabupaten Kediri yang semakin meningkat. Kaos, topi dan aksesoris lain yang mencerminkan identitas Wisata Kabupaten Kediri pastinya akan mampu menambah daya tarik pengunjung sebagai souvenir dan oleh-oleh," terang Adi Suwignyo.

UMKM PARON 2

Hasil diskusi pada hari ini pemerintah menghimbau para pelaku UMKM untuk selalu menjaga kualitasnya agar tetap mampu bersaing di pasaran. "Salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah adalah dengan mengkursuskan beberapa pengusaha kaos untuk belajar desain kaos. Setelah pandai saya harap mereka bisa menularkan kepada lainnya," tambahnya.

UMKM PARON 1

Sebagai pelaku UMKM Mahmud sangat senang mendapat perhatian lebih dari Pemerintah. Apalagi Ibu Bupati sendiri berkenan hadir di rumah kami "Perhatian ini sebagai motivasi agar kita lebih semangat berkarya demi kebangkitan dan perkembangan UMKM Kabupaten Kediri," katanya sambil tersenyum. (Kominfo, LKS, YRPD, YDA, WK).

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM