Jumat, 22 September 2017

Orientasi Kepribadian Kebangsaan Bagi Calon Anggota Paskibraka 2017.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kediri mulai bulan Maret 2017 kemaren sudah mengadakan seleksi untuk Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2017. Melalui persaingan yang sangat ketat maka terpilihkan sekitar 82 peserta.

garuda 4 1

Mulai Bulan April 2017 mereka sudah diberikan pembekalan, baik bela negara, baris berbaris, etika pergaulan dan menajeman kepemimpinan / pembinaan karakter sebagai syarat inti yang harus dimiliki oleh setiap calon Paskibraka Kabupaten Kediri.

Hari ini Minggu (30/4) bertempat di halaman belakang Kantor Pemda Kabupaten Kediri Calon Paskibraka di berikan pelatihan dasar baris berbaris dari 2 Orang Anggota Kodim 0809 Kediri, setelah itu mereka diberikan materi pembinaan khusus yaitu Orientasi Kepribadian Kebangsaan bertempat di Ruang Joyoboyo Pemda Kab.Kediri.

GARUDA 4

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Drs. Mujahid, MM menyampaikan materi tentang Kepribadian Kebangsaan yaitu ada beberapa permasalahan yang sangat serius, barangkali juga sudah sering saya sampaikan tentang permasalahan yang di hadapi oleh Bangsa kita, terkait dengan faham-faham radikalisme, juga banyak testimony atau kejadian-kejadian yang sungguh sangat menghawatirkan.

garuda 4 2

Inti dari faham radikal ini, untuk merubah Ideologi negara ke Ideologi yang lain. Lalu dilanjutkan dengan tanya jawab, apakah anak-anak cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia?? Salah satu peserta Calon Paskibraka dari SMAN 2 Pare Resananda menjawab saya Cinta sekali dengan NKRI karena di dalam NKRI banyak ciri khas yang tidak dimiliki oleh Negara lain.

Seperti di Negara NKRI terdapat Ideologi Pancasila dan hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia, juga terdapat landasan konstitusional Undang-Undang Dasar 1945 yang mana mampu untuk menjalankan suatu pemerintahan yang ada di Negara Indonesia ini. Jawab Resananda.

garuda 4 3

Saya kira sangat tepat sekali pujian halus dari Mujahid disambut tepuk tangan, kenapa saya Cinta kepada NKRI jawabannya singkat “Sangat Cinta”, dalam bentuk apa??? Bisa kita tuangkan, diungkapkan dan diaplikasikan arti cinta kepada NKRI, landasan Ideologi dan Landasan Konstitusional tersebut diatas sebagai landasan filosofis yang mengatur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bentuk konkrit cinta berbangsa dan bernegara itu apa?? Sebagai calon anggota Paskibraka harus mendapatkan materi yang golnya 3 pertama tentang pemahaman konsep materi yang bersifat kognisi, yang kedua pemahaman tentang esensi dan yang ketiga tentang sikap mental. Apapun alasannya tidak ada negara sehebat Indonesia. Terangnya.

garuda 4 4

Orientasi keperibadian termasuk bentuk pencerahan seperti matahari terbit tentunya menjadi terang, kepribadian yang totalitas terhadap diri kita sendiri, kebangsaan terkait dengan hal-hal yang bersifat kebangsa yaitu Bangsa Indonesia, semuanya harus memahami secara total apa aspek dari alam maupun sosialnya. Jadi bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari akhirnya kita nanti menjadi Bangsa yang Hebat. Maka dari itu bentuk konkritnya kita harus mencintai produk-produk Indonesia. Kata Mujahid diselingi guyonan.

Untuk latihan fisik dari 2 orang anggota Kodim 0809 Kediri bisa dipanggil Pak Tri Yudha dan Pak Dinar menyampaikan pesan dan kesan kepada Garuda 4, kami memaklumi karena mereka semua baru ditampung di sini, respek dan sikapnya kurang, motivasi kurang kita mencari sisi mana kita harus mengisi kekurangan tersebut ternyata kita isi setengah jam sudah ada perubahan, intinya harus banyak pengarahan terutama dari para senior-seniornya. Kata Tri Yudha.

garuda 4 5

Karena para adek-adek ini masih awam untuk masalah PBB, gerakan dan lain sebagainya perlu banyak latihan baik di sekolahan maupun di rumah, ini semua untuk masa depan adek-adek calon Paskibraka 2017. Tambah Dinar.

Ditekankan bahwa inti utama dari tugas pokok calon anggota Paskibraka Kabupaten Kediri yaitu mampu mengibarkan Sang Merah Putih sampe sukses. Tutup mereka berdua. (Kominfo, YRPD,WK)

Untuk lebih lengkapnya silahkan saksikan / Klik videonya di streaming Kediri Lagi TV, www.kedirikab.go.id.

Add comment


Security code
Refresh