Kamis, 20 Juli 2017

Rengginang Makanan Tradisional Wong Ndeso.

Rengginang merupakan makanan ringan tradisional khas Indonesia yang sudah ada sejak lama. Rengginang adalah makanan ringan atau camilan yang sejenis dengan kerupuk. selain rasanya yang enak, mungkin gurih dan renyahnya rengginang inilah yang membuat salah satu jenis kerupuk ini mempunyai banyak penggemar.

RENGGINANG 1

UMKM “Srikandi” dengan produknya kerupuk Rarangginang/ Rengginang “ Reny” dari Kecamatan Grogol, memang sangat enak, renyah dan gurih. Rengginang telah menjadi camilan yang melegenda karena rengginang sudah dikenal dan populer dari dulu,

Ibu Titik pemilik UMKM Srikandi mengatakan kepada Tim Kominfo (30/4), sekitar 7 tahun yang lalu saat bulan puasa, saya berangan-angan ingin membuat camilan sendiri, tadinya hanya untuk konsumsi sendiri dan juga untuk suguhan ala ndeso pas Lebaran.

Karena memang kita pernah membuat rengginang dan hasil resep turun-temurun mulailah saya membuat rengginang di bantu oleh suami juga anak-anak saya. Rengginang yang saya buat asli dari beras ketan, melalui berbagai macam proses mulai dari di dang/ dikukus pake dandang, di cetak lalu dikeringkan di terik matahari, setelah itu baru di goreng dengan minyak yang jumlahnya cukup banyak. Supaya mekarnya renggina merata dan matangnyapun bisa merata, katanya.

Pertama saya membuat hanya satu rasa, guruh saja setelah saya suguhkan kepada anak-anak saya juga tetangga kiri kanan, akhirnya tetangga pesan untuk camilan lebaran. Dari mulut ke mulut akhirnya pesanan bertambah banyak, sampai kewalahan, dengan perbandingan 1 kg beras ketan bisa menghasilkan cetakan rengginang ukuran sedang sebanyak 100 biji.

RENGGINANG 2

Dengan adanya perkembangan jaman saya mencoba aneka rasa seperti rasa bawang yang di campur dengan sedikit terasi ini rasanya gurih, lalu saya buat dengan rasa manis, rasa udang dan juga dari ketan hitam. Yang paling laku dan banyak pemesannya rengginang dengan rasa bawang. Saat ini saya mencoba cara baru yaitu tanpa dijemur lagi renginang bikinan saya bisa langsung di goreng.

Kami selalu mengutamakan kebersihan dan kesehatan, selalu menggunakan sarung tangan dan penutup mulut dijamin kebersihannya, naahhhh saat ini kami sudah mulai membuat krupuk rengginang untuk persiapan lebaran, bagi anda yang ingin pesan silahkan hubungi saya Bu TUTIK Hp. 081 234 006 840. (Kominfo, YRPD, WK)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM