Kamis, 20 Juli 2017

SI KECIL KAYA MANFAAT

Pembibitan buah unggulan yang bernama UD ALAM TANI milik Agus Joko Susilo Jl.Papar Pare sebelah kiri atau baratnya POM bensin Mejono Desa Mejono Kecamatan Plemahan merupakan salah satu dari sekian banyak orang di Kabupaten Kediri yang membudidayakan berbagai macam bibit tanaman termasuk buah parijoto.

si kecil kaya manfaat

“Buah parijoto ini memiliki mitos yang sangat unik, konon bagi ibu hamil yang mengonsumsi buah parijoto maka anak yang akan dilahirkan akan berwajah tampan atau cantik dengan kulit putih dan halus. Begitu pula dengan pasangan yang belum memilki anak, dengan memakan buah parijoto konon akan segera dikaruniai momongan atau anak. Parijoto merupakan tanaman peninggalan atau warisan Sunan Muria.” Ujar Agus Joko Susilo.

Buah ini mengandung zat kimia seperti kardelin,saponin,flavonid terutama pada buahnya. Karena kandungan zat kimia buah parijoto juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain sariawan, diare, dan kolestrol. Tanaman ini banyak tumbuh diketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. Namun, di balik maanfaatnya yang banyak tanaman ini (parijoto) sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang menarik. Tutur Agus Joko Susilo

si kecil kaya manfaat 1

Buah itu tumbuh menggerombol dalam satu tangkai, dan berukuran kecil seperti biji tasbih. Sebelum buah ini matang berwarna merah muda dan jika sesudah matang akan berwarna hitam dan rasanya asam bercampur dengan sepat. (Kominfo, YRPD, WK)

Penulis Agmal Syarif SMAN 1 Grogol