Rabu, 22 Nopember 2017

Tumbuh Kembangkan Balita Melalui Posyandu.

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan kepanjangan tangannya di Puskesmas-Puskesmas selalu giat melaksanakan Pos Pelayanan Terpadu atau biasa disebut Posyandu.

POSYANDU BOGENVIL 3

Bisa dibilang Posyandu mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengintegrasian layanan social dasar yaitu suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat melipuiti perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan Kesejahteraan social.

POSYANDU BOGENVIL 2

Kepala UPTD Puskesmas Tiron Kecamatan Banyakan dr.Hj. Sri Muntamah mengatakan kepada Tim Kominfo (25/4) saat mengunjungi Posyandu Bogenvil 3 Desa Jatirejo Kecamatan Banyakan bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersama Daya Masyarakat (UKBM), yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna pemberdayaan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Jadi Puskesmas merupakan ujung tombak pembangunan kesehatan yang mempunyai misi memandirikan masyarakat, dalam upaya meningkatkan derajad kesehatannya sendiri,di posyandu juga ada pelayanan dasar seperti KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan penanggulangan Diare.

POSYANDU BOGENVIL 5

Puskesmas Tiron sangat suport membantu kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan ujung tombak kegiatan masyarakat, yang bisa meningkatkan daya ungkit peningkatan kesehatan masyarakat, antara lain dengan menyediakan tenaga Bidan di Pedesaan, vaksin untuk kegiatan posyandu, meningkatkan atau mengupdate pengetahuan baik Bidan Desa maupun Kader Posyandu, dalam usaha meningkatkan derajad kesehatah masyarakat. Katanya.

Kebetulan untuk posyandu Desa Jatirejo ada penilaian Desa Siaga Aktif saya harapkan posyandu Bogenvil ini bisa menjadi contoh bagi posyandu-posyandu yang ada di Kecamatan Banyakan. Jelas Sri Muntamah.

POSYANDU BOGENVIL 4

Kepala Desa Jatirejo Imam Solikin mengatakan bahwa kami dari Pemerintahan Desa sangat mendukung keberadaan posyandu ini dengan menggerakan kader-kader posyandu. Harapan saya semua warga Desa saya bisa aktif selalu membawa putra putrinya ke Posyandu dan juga masyarakat bisa sehat dan akhirnya terpenuhilah standart masyarakat yang sehat.

Selain kegiatan posyandu kami rutin tiap 3 bulan sekali selalu mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan, mengoptimalkan kader-kader Jumantik Desa untuk terus berperan aktif. Kata Imam.

POSYANDU BOGENVIL 1

Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Tiron Kecamatan Banyakan Joestina menjelaskan pada H-2 kader-kader sudah memberitahukan kepada masyarakat melalui Musholla atau melalui pengajian untuk mengajak putra-putrinya keposyandu terutama balita.

Jadi dalam Posyandu ada 10 langkah dalam penimbangan, kader kami sudah melaksanakan standart penimbangan, dengan menggunakan sarung, dan kami juga menyiapkan timbangan berdiri untuk ibu-ibunya. Kata Joestina sambal menjelaskan langkah-langkah dalam penanganan balita di Posyandu.

Desa Jatirejo juga termasuk Taman Posyandu ada 3 macam kegiatan yaitu dengan BKB, PAUD dan kegiatan Posyandu Balita. Untuk kagiatan BKB yaitu kegiatan deteksi dini tumbuh kembang balita yang dilakukan oleh kader tersendiri melalui penyuluhan untuk ibu balita. Katanya. (Kominfo, YRPD, YDA, LKS).