Kamis, 20 Juli 2017

Gali Sejarah Situs Tondowongso

Salah satu obyek wisata sejarah di Kabupaten Kediri adalah Situs Tondowongso. Peninggalan purbakala yang terletak di Dusun Tondowongso Desa Gayam Kecamatan Gurah ini baru ditemukan pada akhir tahun 2006.

TONDOWONGSO 2

Konon salah satu kesulitan kegiatan penelitian adalah permasalahan tanah. Walaupun lahan inti tempat situs berada sudah dibebaskan oleh Pemkab Kediri, namun beberapa bagian masih menjadi milik warga sekitar. Mengingat kondisi terakhir yang demikian memprihatinkan, sudah selayaknya Situs Tondowongso sebagai warisan jaman Kediri yang langka, perlu mendapatkan perhatian kembali serta solusi untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Situs Tondowongso juga menjadi salah satu obyek pada Lawatan Sejarah dan Budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu. Berada di area seluas ±1 hektar, puluhan pelajar peserta lawatan diajak mengunjungi, mengamati dan mempelajari situs.

TONDOWONGSO 3

Kepada mereka dijelaskan, bahwa  penggalian untuk penyelamatan situs telah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya JawaTimur pada tahun 2007. Hasilnya, sejumlah arca ditemukan dan diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Kediri. Kemudian, dilakukan ekskavasi penelitian pada tahun 2009 untuk mencari dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya guna mendukung hipotesis tentang sejarah, detail konstruksi, arsitektur serta fungsi atau kegunaan situs tersebut.

Ditemui Tim Kominfo Minggu (23/), Edi Saputro selaku Penjaga Situs Tondowongso mengatakan bahwa arca-arca yang ditemukan diantaranya Arca Syiwa, Arca Brama, Arca Lingga dan Arca Yoni. Kini, arca-arcatersebut disimpan di Museum Trowulan Mojokerto.

TONDOWONGSO 5

Ia pun mengungkapkan bahwa masyarakat sekitar senang dengan keberadaan Situs Tondowongso. Sejak ditemukan 11 tahun lalu, tempat tersebut selalu dikunjungi. Tanggal 16 April lalu, di sekitar area Tondowongso juga diselenggarakan Motocross dan Grasstrack dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1213. Tidak hanya untuk mengenalkan situs, event tersebut juga berimbas pada terbukanya peluang usaha, seperti jasa parkir atau menjual makanan dan minuman.

“Semoga tempat ini selalu ramai pengunjung dan kedepan akan terus dilakukan pengembangan terhadap situs, seperti upaya pengelolaan agar lebih rapi dan bangunannya terlihat,” pungkas Edi. (Kominfo, TEE, YRPD)

Add comment


Security code
Refresh