Sabtu, 19 Agustus 2017

BI Gelar Edukasi Bantuan Sosial Non Tunai

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menggelar acara Edukasi dan Sosialisasi Penyaluran Bantuan Non Tunai, di Ruang Serbaguna Lantai 5 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Kamis (20/4). Acara ini diikuti 100 peserta dari anggota Program Keluarga Harapan (PKH), Pendamping PKH dan Dinas Sosial Pemerintah Kota Kediri, Kabupaten Kediri serta Kota Blitar.

BI 1

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Beny Wicaksono, mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi dari Bank Indonesia terkait program pemerintah yakni Kementerian Sosial dalam penyaluran bantuan sosial. Dimana ada perubahan pelaksanaan bila sebelumnya penyaluran bantuan memakai uang tunai sekarang diarahkan non tunai.

BI 2

“Dulu harus pake tunai, dinamakan Bantuan Langsung Tunai. Dimana memiliki banyak kelemahan salah satunya adalah banyak tangan dalam pelaksanaaan program ini sehingga rentan disalahgunakan. Sekarang bisa sistem non tunai dengan mekanisme transaksi perbankan dan bisa dicairkan di lokasi yang ditentukan dan terkoneksi untuk langsung dibelanjakan dengan e-warong,” jelasnya.

Beny selanjutnya menambahkan, utamanya dari pelaksanaan kegiatan ini adalah edukasi kepada rekan pendamping agar satu pemahaman dalam gerak langkah di lapangan ketika berhadapan dengan masyarakat penerima manfaat bantuan sosial.

BI 4

“Diedukasi dengan pendamping agar nanti mereka bisa satu pemahaman. Harapannya bantuan sosial bisa berjalan lancar, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” imbuh Beny.

Sebagai informasi, bantuan sosial dari pemerintah kini berbentuk non tunai dimana pihak penerima manfaat akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera berbentuk kartu debet ATM yang bisa digunakan untuk layanan transaksi perbankan dan bisa dibelanjakan di gerai e-warong. Harapannya untuk memudahkan pemantauan dan kontrol dalam bergulirnya program. Selain itu juga untuk memperkenalkan layanan keuangan pada masyarakat kurang mampu dan meningkatkan perilaku menabung bagi masyarakat.

BI 3

Penyaluran bansos non tunai dengan menggunakan layanan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), yaitu BNI, BRI, BTN dan Mandiri. Penerima bantuan cukup menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera dimana satu rekening bisa dimanfaatkan untuk berbagai program bansos.

Di Kabupaten Kediri dari data Bank Indonesia penerima manfaat yang akan menerima sebanyak 23.000 orang. Sementara untuk pihak yang belum bisa terjangkau dengan layanan perbankan bisa menggunakan jasa PT POS Indonesia untuk mencairkan bantuan. (Kominfo/yda,tee,wk)