Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Situs Penji Laras Petungroto Perlu Sentuhan

Sungguh sangat bermanfaat dan bisa untuk menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kediri itulah yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, hingga menghasilkan banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah yang belum tereksplor dan bahkan ada yang masih perawan.

PANJI LARAS 1

Ketertarikan Tim Peliputan Diskominfo tentang artikel milik Nyofa Bragastio dari SMAN 1 Mojo dengan judul tulisan Situs Peninggalan Panji Laras. Kami lalu mendatangi kediaman Nyofa di Desa Petungroto Kecamatan Mojo, Jum’at (14/4).

Nyofa pemuda belia mampu mengangkat situs peninggalan sejarah yang masih perawan ini tujuannya supaya situs ini bisa lebih dipelihara lagi juga bisa menjadi icon untuk Desa Petungroto sendiri.

PANJI LARAS 3

Saya sebagai anak muda sejak mengikuti lawatan sejarah dan budaya yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2017, Alhamdulilah artikel saya berhasil memasuki urutan ke 5, tapi saya merasa sangat bangga, bisa membuktikan bahwa di desa saya ada peninggalan sejarah yang perlu kita lestarikan dan kita pelihara.

Walaupun saat ini belum tersentuh tapi saya akan berusaha mengajak para pemuda untuk kerjabakti membersihkan jalan dan juga mempromosikan peninggalan sejarah dan budaya nenek moyang kita ini.

PANJI LARAS 4

Asal mula ditemukannya Situs Panji Laras ini bermula ketika Pak Suji salah satu warga Desa Petungroto mencari rumput untuk makanan hewan ternaknya, tanpa disengaja beliau menemukan sebuah pecahan arca yang diduga adalah pecahan yang dicuri orang dari tempat peninggalan Panji Laras.

Dengan hati yang ikhlas pecahan arca tersebut dikembalikan lagi oleh pak Suji ke tempat asalnnya. Kata pak Suji “ini adalah peninggalan nenek moyang kami yang harus kami jaga dan kami lindungi.

PANJI LARAS 2

saya melindungi dengan bentuk apa adanya, supaya anak dan cucu kami nanti tidak kehilangan jejak tentang sejarah Panji Laras’’. Tak hanya itu, setiap musim kemarau tiba. Pak Suji selalu membersihkan area disekitar lumpang dan arca tersebut dengan tujuan agar tetap bersih dan terjaga. Kata Nyofa menirukan cerita Pak Suji

Untuk jarak tempuh ke Situs Panji Laras dari Balai Desa Petungroto ke Barat 1 KM masih jalan aspal setelah itu menuju ke Dusun Pucangan memasuki jalan setapak sekitar 5-6 KM dengan jalanan yang naik dan turun dengan jalan masih dipenuhi semak belukar bila hujan jalanan ini licin, bisa ditempuh pake sepeda motor jenis trail. tambahnya (Kominfo, YRPD, WK)

Comments   

 
0 #2 nyofabragastio 2017-04-15 05:26
bagi yang berminat untuk berkunjung ke situs panji laras. saya siap untuk mengantarkan. hubungi nomor hp saya 081249503631.
atas nama Nyofa Bragastio
Quote
 
 
0 #1 nyofabragastio 2017-04-15 05:24
bagi yang berminat berkunjung ke situs panji laras. saya siap mengantarkan. hubungan nomor saya 081249503631
atas nama Nyofa Bragastio
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh