Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Siapkan Generasi Muda menjadi Duta Sejarah Kabupaten Kediri

Mari kita melihat kegiatan anak-anak yang berprestasi di sekolahnya, sedang mengadakan Lawatan Sejarah dan Budaya yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, dengan sasaran di Candi Tegowangi Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

TEGOWANGI 4

Juru Pelihara Candi Tegowangi Nur Ali saat ditemui Tim Kominfo (13/3) mengatakan bahwa ia setiap hari mengelola dan mengurusi candi ini, demi peninggalan Cagar Budaya Kabupaten Kediri.

“Melalui kegiatan lawatan sejarah dan budaya, sejarah dan peninggalan candi mulai dari relif sampai kegunaan candi diperkenalkan kepada anak-anak. Saya sangat bangga terhadap anak-anak yang suka dengan kegiatan seperti ini, supaya bisa menggantikan kita yang tua,” katanya.

TEGOWANGI 3

Menurutnya, generasi penerus harus belajar sejarah dan sangat dibutuhkan untuk meneruskan perjuangan. Apalagi sekarang ini Kabupaten Kediri membangkitkan tentang Panji, anak-anak sering belajar dan minta petunjuk tentang sejarah dan kaitannya dengan panji.

TEGOWANGI 1

Nur Ali pun mengungkapkan, Candi Tegowangi sangat berkaitan erat dengan panji. Oleh karena itu kita harus membangkitkan kambali supaya anak-anak mengenal peninggalan-peninggalan yang bersejarah dari nenek moyang kita.

Kedepannya saya harapkan, untuk memancing minat masyarakat dan untuk membangkitkan rasa cinta kepada peninggalan bersejarah ini perlu ditambah beberapa fasilitas, seperti mainan anak-anak atau hiburan lainnya yang sekiranya tidak mengganggu atau mengurangi nilai-nilai budaya candi tersebut,” urainya.

TEGOWANGI 2

Seperti juga peserta lawatan sejarah dan budaya Ikhsan Cahyo W dari SMAN 1 Gurah dan Nur Fajar dari SMA Muhammadiyah 1 Pare, mereka mengatakan bahwa anak-anak muda sekarang sebagai penerus bangsa harus bisa melestarikan budaya yang ada dan ikut berpartisipasi untuk senantiasa menjaganya.

Maka dari itulah kita wajib menceritakan tentang sejarah utamanya Candi Tegowangi ini, kepada dinasti selanjutnya contohnya seperti adek-adek kelas maupun di keluarga,” kata Ikhsan.

TEGOWANGI 5

Untuk pribadi saya ingin belajar lebih dalam tentang kebudayaan panji di Kabupaten Kediri, karena saya merasa pengetahuan sejarah saya kurang. Dengan adanya lawatan sejarah dan budaya ini saya merasa bersyukur, karena saya bisa tahu dan mengerti arti kearifan lokal situs-situs panji. Kami siap untuk menyebarkan dan juga menjadi duta sejarah Kabupaten Kediri,” kata mereka berdua berbarengan. Semoga acara seperti ini bisa terus berlanjut kedepannya dan tambah maju lagi. (Kominfo, YRPD, TEE, WK)

Add comment


Security code
Refresh