Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Ayooo... Kita Menjadi Pelopor untuk Melestarikan Budaya Panji


Lawatan Sejarah dan Budaya hari ini (12/4) langsung praktek lapangan ke Situs Panji di Desa Gambyok Kecamatan Grogol. Siswa dan siswi sebanyak 50 orang tampak antusias mendengarkan penjelasan – penjelasan yang disampaikan oleh sejarahwan asli warga Gambyok, Mas A’ang.

gambyok 4

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri melalui Kepala Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Drs. Eko Budi Santoso, MM. mengatakan tujuan mengantarkan anak-anak SMA maupun SMK adalah untuk memberikan dan menambah wawasan kepada mereka tentang pengetahuan dan kemampuan dalam memahami sejarah dan kebudayaan di Kabupaten Kediri.

Juga untuk melatih membuat karya tulis. Setelah itu mereka akan mempresentasikan hasil karya tulisnya, kemudian kita pilih yang terbaik untuk bisa mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Timur maupun ke tingkat nasional,” terangnya.

gambyok 1

Kegiatan ini juga sebagai sinergitas antara program pusat dengan daerah yang akan dilaksanakan secara berjenjang. Berikutnya anak-anak nanti juga bisa paham dengan kebudayaan di Kabupaten Kediri, sehingga ketika mereka keluar dari Kabupaten Kediri untuk melanjutkan sekolah atau kuliah di daerah lain, mereka diharapkan dapat mengembangkan dan mempromosikan kebudayaan sesuai dengan profesinya.

gambyok 2

Kita harapkan anak-anak jangan pasif dan harus selalu meningkatkan dirinya, ikut berpartisipasi dalam mengekspresikan diri tentang kebudayaan panji, sehingga terjalinlah sinergitas antara Pemerintah dan masyarakat, karena media ini terlalu luas jadi bentuk komunitas-komunitas dari anak-anak nanti bisa sebagai wadah kelompok-kelompok panji dengan saling mengisi dan memberikan informasi sehingga mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” tambah Eko.

gambyok 5

Akhmad Fauzan dari SMAN 2 Pare mengatakan dengan mengikuti Lawatan sejarah dan budaya tahun 2017 ini bisa menjadi pelopor bagi generasi muda di Kabupaten Kediri. “Perlu kita ketahui lawatan sejarah merupakan salah satu cara generasi muda untuk melestarikan dan mencintai budayanya dengan sebaik-baiknya. Saya mengajak teman-teman semua untuk menjadi pelopor melestarikan budaya Panji, Panji Balik Kampung.

gambyok 3

Mila Fatur dari SMAN 1 Plemahan dan Sefita Sukma Ilafi dari SMAN 1 Grogol mengatakan sangat bangga dan senang bisa mewakili sekolahannya mengikuti lawatan dan mendatangi situs-situs bersejarah di Kabupaten Kediri, untuk bisa mengetahui cerita-cerita panji dan mengangkat cerita ini, kedepannya lebih dikenal masyarakat, dari yang tidak mau menjadi tahu, setelah dari sini saya akan meningkatkan pariwisata di Kabupaten Kediri, utamanya sejarah.

Kepala Desa Gambyok Kecamatan Grogol Suroto merasa sangat senang dengan kedatangan dari duta-duta sejarah ini, dan juga merasa sangat bangga karena Situs Panji hanya ada di daerahnya, walaupun keadaan masih sederhana yang penting nilai dari sejarahnya sangat tinggi sekali.

gambyok 6

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri yang telah peduli dengan peninggalan sejarah ini. Bagaimanapun itu adalah peninggalan dari nenek moyang kita yang perlu kita pelajari. Yang mengagumkan, di dalam relifnya mengandung beberapa arti atau cerita tentang kehidupan pada saat itu. Sebenarnya di Desa Gambyok masih banyak peninggalan-peninggalan sejarah tapi belum terawat,  kedepannya kami selaku Pemerintahan Desa akan membuatkan museum kecil-kecilan sesuai klas di desa untuk menampung peninggalan-peninggalan sejarah,” kata Suroso sambil menjelaskan berbagai peninggalan sejarah yang ada di Desa Gambyok. (Kominfo/yrpd/tee/wk)

Add comment


Security code
Refresh