Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

PPNI Kabupaten Kediri lakukan Pelayanan Kesehatan Rumah.

Kegiatan Bakti Sosial dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1213, digelar di Desa Kraton Kecamatan Mojo pada hari Sabtu kemaren yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan nama Pengabdian Profesi Kesehatan.

HOME VISIT 5

Kegiatan dipusatkan di Balai Desa Kraton dan bagi yang tidak bisa datang sebagian PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) perwakilan se-Kabupaten Kediri melakukan Home Visit atau Pelayanan Kesehatan Rumah.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Adi Laksono, M.MARS saat ditemui Tim Dinas Kominfo Senin (10/4) mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan IPTEK terutama teknologi medis di era globalisasi ini, berdampak pada sistem pelayanan kesehatan dan prektek keperawatan.

HOME VISIT 1

Tuntutan masyarakat akan kebutuhan pelayanan kesehatan juga semakin meningkat dan berubah dari konsep perawat dan pengobatan di rumah sakit/klinik menjadi kebutuhan perawat di rumah, khususnya bagi klien/keluarga dengan penyakit terminal.

HOME VISIT 2

Disamping itu perawatan di rumah menjadi alternatif bagi keluarga dengan usia lanjut yang cenderung mengalami penyakit dengan kondisi kronik, yang membutuhkan perawatan dan pengobatan jangka panjang. "Kami juga melaksanakan home visit sekaligus memberikan sembako bagi warga yang dikunjungi oleh PPNI," terang Adi Laksono.HOME VISIT 6

Ada kurang lebih 10 orang pasien yang dikunjungi dengan berbagai penyakit seperti yang dialami Mbah Istingah usia sekitar 65 tahun, yang mengalami kelumpuhan/stroke, Mbah Musbiyah gangguan pada mata (Katarak), hidup sendiri dengan rumah yang sangat memprihatinkan dan masih banyak lagi. Kegiatan home visit dipandu perawat dari Puskesmas Mojo, Genot Wirawan, S.Kep. Ns., dan sekitar 8 orang PPNI.

HOME VISIT 7

Alhamdulilah tanggapan dan respon dari para pasien disambut baik, sambal guyonan sekali-kali memberikan motivasi dan wejangan untuk lebih semangat karena setiap ada penyakit pasti ada obatnya, selagi kita mau pasrah dan selalu berdoa karena semua adalah ujian dari Allah SWT.

Salah satu PPNI Kabupaten Kediri Genot mengatakan bahwa baksos ini khusus untuk warga di daerah terpencil, salah satu contoh di rumah Mbah Musbiyah karena salah satu kebutuhan dasarnya tidak bisa terpenuhi, mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa barokah, manfaat bagi masyarakat yang berada di sekitarnya.

HOME VISIT 4

Tujuan dari home visit sebagai pengabdian dari PPNI Kabupaten Kediri ke masyarakat, dengan harapan PPNI lebih dikenal lagi oleh masyarakat, juga terselenggaranya pelayanan keperawatan secara menyeluruh, efektif dan efisien yang berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya.

Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan dasar (bio-psiko-sosial-spiritual) secara mandiri untuk meningkatkan kemandirian keluarga dalam pemeliharaan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan dirumah, meminimalisir tingkat kematian serta menekan serendah mungkin biaya rumah sakit," kata Genot

HOME VISIT 3

Hal senada disampaikan juga oleh Mulyani dari PPNI Puskesmas Blabak Kecamatan Kandat bahwa kami ikut berpartisipasi untuk memberikan acuan keperawatan pada pasien dan ada beberapa saran dari kami tentang aktifitas sehari-harinya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, khusus untuk Mbah Musbiyah akan kami bawa ke Kabupaten Kediri untuk bisa dilakukan tindakan medis lebih lanjut bila perlu kita usulkan untuk operasi katarak gratis. Katanya. (Kominfo, YRPD, YDA, WK).